Sukses

Lifestyle

Diet Sukses: Kenapa Kamu Harus Ganti Nasi Putih dengan Kembang Kol?

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar orang Indonesia mengonsumsi nasi. Selain kebiasaan, nasi putih membuatmu menjadi lebih kenyang. Bahkan, sampai ada sebagian orang yang lebih memenitingkan nasi putih dari pada lauk dan makanan pendamping. 

Meski lauk sedikit, yang penting nasi banyak biar bikin kenyang. Tapi anggapan ini tentu saja salah. Karena, dilansir dari Health 24, nasi mengandung banyak gula dan karbohidrat. 

Liputan6 menulis, banyaknya gula dalam nasi putih membuat banyak orang beralih pada nasi merah atau nasi cokelat. Namun, kedua pengganti tersebut terbilang mahal. Selain itu nggak semua orang menyukai nasi merah yang rasanya jauh berbeda dengan nasi putih. 

Tapi, jangan khawatir. Karena ada pengganti nasi putih lain yang lebih murah juga digemari banyak orang. Pengganti tersebut adalah kembang kol. 

Meski terdengar aneh, kembang kol ternyata juga bsia dijadikan pengganti nasi. Selain itu, jumlah kalorinya pun jauh lebih kecil dibandingkan dengan nasi putih. 

Jumlah Kalori Kembang Kol

Head of Health Committee Nutrifood, Moch Aldis Ruslialdi SKM CNWC mengatakan kepada Liputan6, kalau jumlah nutrisi yang terkandung dalam nasi putih, merah, dan juga nasi cokelat berbeda-beda. Begitu juga dengan jumlah kalori yang dimiliki kembang kol. 

Menurut Aldis, nasi putih mengandung 204 kkal dengan 89 persennya karbohidrat. Sementara, semangkuk kembang kol cuma mengandung 25 kkal dan 71 persennya karbohidrat, dan mengandung sedikit serat. 

Cara Jadikan Kembang Kol Sebagai Nasi

Dilansir dari Cooking Mama, sangat mudah untuk membuat pengganti nasi dari kembang kol. Kamu cuma perlu mencincang atau juga menghancurkan pakai dry mill agar hasilnya tak jadi bubur. 

Setelah itu, kamu bisa kukus, jadikan nasi goreng, dan masakan lainnya. 

What's On Fimela
Loading