Sukses

Lifestyle

Apa Itu Naloxone, Obat yang Selamatkan Demi Lovato dari Overdosis?

Fimela.com, Jakarta Penyanyi pop Demi Lovato baru-baru ini dilarikan ke rumah sakit lantaran overdosis heroin pada Selasa (24/7) lalu. Dilansir dari People, pelantun lagu Skyscraper ini nggak sadarkan diri ketika paramedis datang dan berusaha menyelamatkan nyawanya. 

Untung saja, pelantun lagu Sober ini berhasil diselamatkan menggunakan Naloxone. People menulis, Naloxone ini merupakan obat darurat yang digunakan untuk membalikan efek overdosis akibat obat-obatan terlarang. 

Bukan tablet, Naloxone merupakan obat spray yang disemprotkan ke salah satu lubang hidung. Obat ini, People menulis, bekerja dengan cara mengembalikan pernapasan korban. 

Beruntung, penyanyi pop ini berhasil diselamatkan. Kini, People melaporkan, kondisi Demi Lovato sudah membaik dan bahkan sudah bisa dikatakan stabil. Namun, masih banyak orang yang penasaran dengan Naloxone yang mampu menyelamatkan nyawa Demi saat itu. 

Naloxone Tak Bisa Biki 'Sober'

Namun, Naloxone bukan obat yang bisa membuat seorang pecandu narkoba sober. Meski dapat menyelematkan nyawa seorang pecandu yang terkena efek anaphylactic (reaksi alergi parah yang bisa mengancam nyawa pada antigen), namun Naloxone bukan obat untuk melepaskan seseorang dari jerat narkoba. 

Lagi pula, menurut sebuah sumber dari EMT mengatakan kepada People kalau orang yang mengalami overdosis harus tetap di bawa ke rumah sakit setelah diberikan Naloxone untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut yang tepat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading