Sukses

Lifestyle

Lebih Heboh dari Ikan Arapaima, Remaja Ini Temukan Ikan Bergigi Mirip Manusia

Fimela.com, Jakarta Jika di Indonesia tengah dihebohkan dengan berita penangkapan ikan Arapaima, maka di luar negeri kini sedang heboh dengan penemuan ikan bergigi mirip manusia. Masyarakat di Pekanbaru kini tengah dibuat heboh dengan video viral yang memperlihatkan seekor ikan raksasa yang diduga adalah ikan Arapaima Gigas tengah dibawa menggunakan sepeda motor oleh seorang laki-laki. Kabarnya ikan Arapaima tersebut memiliki panjang sekitar 1,5 meter.

Pemilik akun Facebook DaMasco Siregar Siagian yang mengunggah video dan foto penangkapan ikan raksasa tersebut menuliskan dalam keterangannya,”Penemuan ikan besar di Sungai Siak semua warga heboh akan penemuan tadi pagi kurang lebih jam 08.00.” Hinggi kini postingan yang diunggah pada 25 Juli tersebut dipenuhi dengan ribuan komentar.

“Ikan Arapaima itu jika dibiarkan hidup di perairan Indonesia bisa merusak ekosistem karena itu ikan predator, gitu yang saya tahu. Ikan itu asalnya dari sungai Amazon,” tulis seorang netizen dalam kolom komentar postingan Facebook Damasco Siregar Siagian. Sementara itu, netizen lainnya berkomentar,”Ada orang ngelepas peliaraannya kalik. Itu ikan makannya banyak.”

Dalam foto dan video yang diunggah oleh akun Facebook Damasco Siregar Siagian terlihat ikan Arapaima yang sudah mati tersebut menjadi tontonan warga. Banyak warga yang mengabadikan ikan tersebut dengan kamera smartphone mereka.

Ikan Arapaiman Gigas merupakan salah satu ikan berbahaya atau invasif yang tidak boleh dipelihara sesuai dengan UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Perikanan yang diubah menjadi UU Nomor 45 Tahun 2009. Kemudian, Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41/PERMEN-KP/2014 tentang Larangan Pemasukan Jenis Ikan Berbahaya ke Dalam Wilayah NKRI.

Jika di Indonesia tengah dihebohkan dengan penangkapan ikan Arapaima, maka di luar negeri juga tengah tengah dihebohkan dengan penemuan ikan bergigi mirip manusia. Untuk cerita selengkapnya silahkan scroll ke bawah.

Penemuan Ikan Pacu yang Mirip Ikan Piranha

Dilansir dari CBS San Franssico, seorang remaja asal Oklahoma belum lama ini berhasil menangkap seekor ikan bergigi mirip gigi manusia. Dan ternyata ikan tersebut merupakan ikan pacu, yakni ikan air tawar yang sering ditemukan di Sungai Amazon atau saluran air di Amerika Serikat.

Kuat dugaan bahwa hewan tersebut sengaja dilepas oleh pemiliknya, namun Departemen Sumber Daya Alam (DNR) Michigan menjelaskan pelepasan ikan tersebut kea lam liar sangat tidak manusiawi. “Hewan yang dipelihara lalu dilepaskan ke alam liar tidak memiliki kemampuan untuk menghadapi predator lainnya, ia kemungkinan akan gagal mencari tempat berlindung,” jelas Nick Popoff, manajer Unit Spesies Akuatik dan Urusan Regulasi DNR.

Ikan pacu bisa tumbuh hingga hampir satu meter dengan berat 25 kilogram. Ia memang dikenal karena memiliki gigi yang cukup kuat. Ini bukanlah penemuan ikan pacu yang pertama, pada 2013 lalu seorang nelayan menangkap seekor ikan pacu yang berukuran besar di Denmark.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading