Sukses

Lifestyle

Jaga Kesehatan Selama Hamil, Bolehkah Konsunsi MSG?

Fimela.com, Jakarta Ibu hamil (bumil) memang harus benar-benar emnjalani gaya hidup yang sehat. Bukan cuma makan makanan bergizi, tapi juga menjauhi berbagai gaya hidup lainnya yang kurang sehat. 

Seperti berhenti minum minuman beralkohol dan juga merokok. Bahkan, bumil juga sebaiknya menghindari lingkungan yang penuh dengan asap rokok. 

Pasalnya, semua gaya hidup yang tak sehat ini bisa memengaruhi kehamilan dan juga janin. Selain itu, kandungan makanan yang kamu santap pun harus dikontrol. 

Termasuk kandungan bahan pengawet dan penyedap, serta MSG. MSG, atau Monosodium Glutamat, dilansir dari sains.me merupakan garam yang terbentuk dari sodium dan asam glutamat. Asam glutamat ini sendiri adalah salah satu asam amino yang paling lazim ditemui dalam berbagai protein.

Uniknya, MSG akan membuat molekul-molekul makanan lebih kuat di lidah. Otomatis, rasa makanan tersebut pun juga jadi lebih kuat. Sayangnya, banyak orang yang memasak setiap makanan menggunakan MSG. Namun, bolehkah ibu hamil mengonsumsinya?

Boleh Nggak Makan MSG?

Menurut seorang ahli diet dari Baby Center, bu hamil ternyata boleh-boleh saja mengonsumsi makanan ber-MSG. Pasalnya, MSG cuma sekadar penyedap rasa. 

Namun, kalau sebelum hamil kamu mengalami pusing, mual, muntah-muntah dan lainnya, ibu hamil jangan pernah coba-coba untuk mengonsumsi MSG. Karena efeknya bisa sama bahkan lebih parah. Namun kalau tak ada efek samping yang dirasa, MSG, menurutnya, tak akan memengaruhi kesehatan ibu dan janin. 

Makan Makanan Sehat

Meskipun begitu, baik ibu hamil atau pun masih single, sebaiknya mulai mengubah pola makan dan kebiasaan. Karena, MSG merupakan penyedap buatan. 

Sementara itu, kamu sebenarnya masih bisa memilih penyedap lainnya yang dibuat dari makanan sehat. Seperti penyedap dari jamur, gula, dan lain sebagainya. 

Loading