Sukses

Lifestyle

Diet keto diduga dapat membuat siklus menstruasi perempuan tidak teratur

Fimela.com, Jakarta Diet keto kini tengah digandrungi masyarakat Indonesia. Namun, bagi perempuan diet ini dapat menimbulkan masalah.

Masalah yang akan ditimbulkan diet keto ialah membuat siklus menstruasi tidak beraturan. ginekolog di Northwestern Memorial Hospital, Angela Chaudhari, M.D mengatakan diet keto dapat mempengaruhi masa menstruasi perempuan karena penurunan berat badan yang cepat.

"Penurunan berat badan yang cepat ini dapat mengubah keseimbangan estrogen-progesteron dan mempengaruhi ovulasi, sehingga menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur," jelasnya yang dilansir Womens Health Magazine.

Lebih menakutkannya lagi, Chaudhari mengatakan, diet keto dapat membuat menstruasi bener-bener berhenti.

"Wanita yang menurunkan berat badan dengan cepat atau menjadi sangat kurus bisa menjadi amenore, yang berarti dia tidak mengalami menstruasi, karena anovulasi, atau kurangnya ovulasi," ucap Chaudhari.

Bukan hanya diet keto

Namun, ia mengatakan bukan hanya diet keto saja. Penurunan berat badan dengan cepat menjadi alasan siklus menstruasi tidak teratur.

"Ini juga dapat terjadi karena diet yang sangat rendah kalori, olahraga yang berlebihan, atau memiliki BMI yang sangat rendah. Hal tersebut dapat menyebabkan beberapa hormon di otak Anda yang mengatur ovulasi untuk turun, dan karena itu mencegah ovulasi atau menunda ovulasi yang menyebabkan ketidakteraturan menstruasi," jelasnya.

Masalah lain siklus menstruasi adalah karena kurangnya karbohidrat yang dikonsumsi. Meski buktinya sangat terbatas, tetapi kata Chaudhari, pembatasan karbohidrat yang ekstrim dapat menyebabkan perubahan dalam hormon lutenizing, hormon yang dilepaskan dari otak.

"Ketika tubuh berfungsi normal, hormon lutenizing yang berkontribusi pada ovulasi teratur, bekerja. Tapi karena karbohidrat dibatasi, hormon lutenizing langsung mendapatian sinyak yang dapat menyebabkan amenorrhea atau hypomenorrhea," ungkapnya.

Bermanfaat bagi PCOS

Tapi, kabar baiknya, diet keto mungkin bermanfaat untuk wanita dengan polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau sindrom ovarium polikistik, gangguan hormonal yang mencegah KANTOR melepaskan telur, menurut Office.

"Ada data yang muncul bahwa pasien dengan PCOS, yang biasanya memiliki masalah dengan kesuburan, bisa terbantu dengan diet ini, sehingga masa mestruasinya lebih reguler membuat pasien lebih responsif terhadap perawatan kesuburan," kata Ula Abed Alwahab, MD, seorang ahli endokrin di Klinik Cleveland.

Itu karena, dengan PCOS, kelebihan insulin dalam tubuh wanita juga meningkatkan kadar androgen dan testosteronnya, yang kemudian membatasi produksi estrogen dan kemampuan tubuh untuk berovulasi.

“Diet keto, bagaimanapun, dapat membantu mengurangi peradangan dan resistensi insulin, yang dapat disalahkan untuk tingkat insulin yang lebih tinggi yang biasanya terlihat pada pasien PCOS,” kata Alwahab.

Menurunkan berat badan pada diet keto juga dapat membantu gejala PCOS. Semua wanita dengan PCOS, dapat menjalani diet keto untuk emnkadi salah satu metode untuk membantu mencapai tujuan penurunan berat badan.

Dengan memiliki BMI yang lebih sehat, wanita lebih cenderung berovulasi secara teratur menuju periode yang lebih teratur. Tetapi, seperti halnya diet apa pun, penting untuk mendiskusikan diet keto dengan dokter Anda sebelum Anda melakukannya, terutama ketika Anda berurusan dengan masalah medis seperti PCOS.

"Pasien yang makan makanan sehat, diet yang baik dan mempertahankan BMI normal lebih mungkin memiliki siklus ovulasi teratur," kata Chaudhari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading