Sukses

Lifestyle

5 Cara agar tidak terserang penyakit saat musim hujan

Fimela.com, Jakarta Musim hujan sudah mulai datang di beberapa wilayah Indonesia. Perubahan cuaca tersebut, membuat tubuh mudah terserang penyakit.

Apalagi ketika kita sering kehujanan, sudah dipastikan flu dan demam sangat mudah dimenghampiri tubuh. Nah, agar tidak mudah sakit saat musim hujan, ada beberapa hal yang harus dilakukan, seperti dilansir dari manilatimes.net berikut ulasannya.

1. Selalu bawa payung atau siapkan jas hujan

Saat berpergian keluar rumah, pastikan di tasmu sudah membawa payung dan jas hujan. Meski pagi hari matahari nampak sangat cerah, tapi tidak akan tahu nasib cuaca sore hari. Bisa jadi hujan hingga malam.

2. Makan makanan sehat

Saat musim hujan, suhu jadi lebih rendah dan tubuh juga memerlukan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, tubuh juga perlu banyak asupan nutrisi untuk mencegah terserang penyakit. Perbanyak makan makanan kaya vitamin C dan antioksidan karena dapat menguatkan imun tubuh.

3. Cuci tangan dengan sabun

Tangan adalah tempat yang sangat baik menjadi sarang virus dan bakteri, bisa saja terserang flu karena tidak menjaga kebersihan tangan. Jika tidak sempat cuci tangan, bawa hand sanitizer ke mana pun.

4. Minum air dan sesekali teh herbal

Banyak minum air putih membantu detoks tubuh dari racun dan menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Pastikan air yang Anda minum bersih dan matang. Selain itu, baik sekali minum teh herbal untuk menguatkan dan menghangatkan tubuh, apalagi jika setelah kehujanan.

5. Jaga kebersihan lingkungan

Selain menyegarkan, musim hujan juga rawan sekali penyakit. Jika hujan sangat deras, biasanya akan membawa sampah dari berbagai macam tempat, dan jika mengendap di halaman rumah, bisa membawa penyakit. Jadi, bersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mencegah bersarangnya penyakit.

Itu dia beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat saat musim hujan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading