Sukses

Lifestyle

Agar nasi goreng tidak menggumpal, berikut tipsnya

Fimela.com, Jakarta Nasi goreng menggumpal bisa memiliki rasa yang kurang sedap. Kalau nasi menggumpal, bumbu tidak bisa meresap sempurna. Teksturnya pun jadi kurang enak. Belum lagi dengan tampilannya yang kurang menarik.

Agar nasi goreng tidak menggumpal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ada sejumah tips mudah yang bisa dilakukan agar nasi goreng bisa sempurna. Berikut tips yang bisa langsung diikuti.

1. Gunakan wajan anti lengket

Pilih wajan atau alat penggorengan yang anti lengket. Kalau pakai wajan teflon, pilih yang wajan yang tebal di bagian bawahnya. Kalau pakai wajan besi, yang paling pas adalah wajan besi tempa atau besi cor yang tebal.

2. Gunakan beras pera, bukan beras pulen

Kalau sudah ada rencana untuk membuat nasi goreng, sebaiknya pilih beras pera untuk ditanak. Beras pera sangat cocok untuk dijadikan nasi goreng karena tidak gampang menggumpal. Sedangkan beras pulen teksturnya lebih lembek jadi bakal sangat mudah menggumpal.

3. Jangan menggunakan nasi yang masih panas

Disarankan menggunakan nasi kemarin. Bukan nasi yang baru selesai ditanak. Kalau nasinya diambil dari rice cooker, diamkan atau dinginkan dulu nasinya sebelum dibuat nasi goreng.

4. Masukkan telur di awal proses memasak nasi goreng

Trik yang satu ini cukup mudah dilakukan. Kalau berencana pakai telur untuk nasi goreng, masukkan telur di awal proses memasak nasi goreng. Salah satu tujuannya memasukkan telur dulu sebelum nasi adalah membantu agar permukaan wajan tidak terlalu lengket.

5. Nasi dicampur dulu dengan bumbu atau kecap sebelum dimasukkan

Nasi dingin bisa dicampur lebih dulu dengan kecap atau bumbu. Baru setelah itu bisa dimasukkan ke dalam wajan atau penggorengan. Dengan cara ini, setiap bulir nasi tidak akan gampang lengket atau gampang menggumpal lagi.

Saat menggoreng, aduklah dengan cepat dan menggunakan api sedang. Cukup mudah kan mengikuti tips dan cara membuat nasi goreng agar tidak menggumpal ini?

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading