Sukses

Lifestyle

Makna dan filosofi nasi kuning yang disajikan di hari-hari istimewa

Fimela.com, Jakarta Sudah tahukah kalau makna dan filosofi nasi kuning sangat istimewa? Di hari-hari bahagia, seperti acara ulang tahun, hari pernikahan, dan tasyakuran, nasi kuning sering dibuat dan disajikan ke para tamu. Dan ternyata memang nasi kuning memang punya simbol dan maknanya sendiri.

Ada beberapa versi soal makna dan filosofi nasi kuning. Berbagai sumber punya cara tersendiri memaknai arti nasi kuning ini. Berikut rangkuman soal nasi kuning yang sangat istimewa ini.

1. Warna kuning melambangkan kemakmuran

Kuning diibaratkan sebagai warna emas. Warna emas sendiri melambangkan kekayaan dan kemakmuran. Jadi diharapkan dengan membuat nasi kuning maka akan lebih banyak kemakmuran, kesejahteraan, dan kekayaan yang bisa didapatkan.

2. Kerucut tumpeng melambangkan gunung

Pastinya sudah tak asing dengan tumpeng nasi kuning, kan? Tumpeng yang berbentuk kerucut ini pun melambangkan gunung, sebab di pulau Jawa ada banyak sekali gunung berapi. Mengingat masyarakat Jawa juga memuliakan gunung, maka dengan membuat tumpeng diharapkan juga bisa membawa lebih banyak kemuliaan.

3. Bentuk tumpeng juga bisa melambangkan komunikasi

Tumpeng nasi kuning juga kerap disajikan di acara pernikahan. Di sini, bentuk tumpeng yang kerucut melambangkan komunikasi. Tak hanya komunikasi antar pasangan tapi juga kepada Tuhan. Diharapkan ke depannya komunikasi bisa selalu berjalan dengan baik dan semua harapan dapat terkabul.

4. Lauk pauk  nasi kuning juga mengandung banyak simbol penting

Nasi kuning dilengkapi dengan aneka lauk pauk. Lauk pauk ini pun mengandung banyak simbol penting.  Seperti telur rebus utuh yang harus dikupas dulu untuk memakannya, hal ini bisa melambangkan pentingnya etos kerja dan perlunya perencanaan yang matang atas setiap tindakan yang kita lakukan. Bahan-bahan sayur urap pun melambangkan sejumlah hal yang penting, seperti kacang panjang yang melambangkan pemikiran yang jauh ke depan, taoge yang melambangkan proses untuk terus tumbuh, dan sebagainya. Bahkan cabai merah yang dibuat jadi kelopak bunga pun bukan hanya hiasan semata, tapi juga melambangkan penerangan yang bisa memberi banyak manfaat untuk orang lain. Lauk ikan teri juga bisa jadi symbol kerukunan dan kebersamaan.

Nasi kuning mengandung banyak simbol dan makna yang sangat istimewa. Tak heran bila nasi kuning sering dibuat dan disajikan untuk hari-hari penting dan istimewa.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading