Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kita Salah Pilih Karier di Usia 20an

Fimela.com, Jakarta Tak semua orang bisa langsung mendapat karier impian. Bahkan tak sedikit yang terjebak dalam karier yang salah. Parahnya lagi, kadang kita tak menyadari kalau kita salah pilih karier.

Di usia 20an kita akan dihadapkan pada banyak hal baru. Termasuk dalam karier. Ya, kita patut bersyukur bila di usia 20an kita sudah bisa bekerja dan mampu merintis karier. Tapi perlu diwaspadai juga apa karier yang kita pilih ini sudah benar? Atau malah jangan-jangan kita salah pilih karier yang membuat hidup kita makin merana dari waktu ke waktu?

Coba cek apakah merasakan tanda-tanda ini dalam kariermu? Kalau iya, hm... sudah saatnya mencoba mencari peluang karier yang baru atau memperbaiki lagi tujuan dan target berkarier kita.

1. Tak pernah semangat di pagi hari

Setiap kali bangun di pagi hari, berat rasanya untuk membuka mata. Bangun dari tempat tidur pun terasa sangat sulit karena sudah membayangkan akan menghabiskan hari yang sama dalam pekerjaan yang tak pernah membuat kita semangat. Hari yang cerah pun rasanya selalu tampak kelabu di mata kita.

2. Merasa jalan di tempat

Sudah cukup lama bekerja tapi selama ini rasanya cuma jalan di tempat? Bisa jadi ini tanda salah pilih karier. Karier yang ideal itu yang bisa membuat kita bisa terus mengembangkan diri jadi pribadi yang lebih baik dan memberi kontribusi yang lebih positif pada lebih banyak orang. Tapi kalau selama bertahun-tahun rasanya cuma jalan di tempat, tampaknya ini saatnya untuk membuat sebuah perubahan.

“I think everyone should experience defeat at least once during their career. You learn a lot from it.” (Lou Holtz)

3. Hilangnya rasa peduli

Makin lama muncul sikap apatis. Tak pernah lagi peduli pada sekitar. Tak peduli dengan pekerjaan yang dilakukan apa sudah maksimal atau belum. Tak peduli lagi apakah relasi dengan rekan kantor dan kline bakal terus berjalan baik. Kalau sudah tak ada rasa peduli lagi dengan dunia karier yang digeluti, sepertinya kita memang harus segera mengatur ulang prioritas kita soal karier atau pekerjaan.

4. Meningkatnya rasa cemburu

Dikutip dari forbes.com, rasa cemburu merupakan salah satu tanda seseorang berada di karier yang salah. Kalau kita merasa cemburu dengan rekan kerja atau pekerjaan yang dilakukannya, bisa jadi ini sinyal kalau kita berada di tempat yang salah. Kalau selalu merasa cemburu dengan rekan-rekan kerja sendiri hingga membuat kita merasa selalu rendah diri, ini artinya kita harus segera mengoreksi atua memperbaiki sesuatu.

5. Hidup tidak sejahtera

Ukuran dan standar kesejahteraan ini bisa dilihat dari sejumlah hal. Bukan cuma soal penghasilan tapi juga kebahagiaan dan kepuasan batin. Bila akhir-akhir selalu gelisah karena hidup yang tak kunjung sejahtera, mungkin ada yang harus diperbaiki dari karier dan pekerjaan yang dipilih saat ini.

Usia 20an memang ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Tak terkecuali soal karier, kita bisa membuat pilihan-pilihan besar dalam karier dan perlu diingat bahwa dari setiap pilihan pasti ada konsekuensi yang harus kita hadapi.

 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Studi: WFH Bisa Merusak Karier Perempuan, Benarkah?
Artikel Selanjutnya
Jakarta Masuk Daftar 50 Kota Terbaik di Dunia Terkait Respons COVID-19