Sukses

Lifestyle

5 Kesalahan Menggunakan Talenan saat Masak

Fimela.com, Jakarta Talenan adalah alat masak yang sangat dibutuhkan, terutama untuk memotong bahan makanan. Namun seringkali orang melakukan kesalahan memasak berkaitan dengan menggunakan talenan. Seperti dilansir dari Delish, ini sekian kesalahan menggunakan talenan saat memasak yang perlu dihindari mulai sekarang.

1. Memotong sayur dan daging bersamaan

Kesalahan ini sering dilakukan banyak orang, yaitu memotong sayuran dan daging pada talenan yang sama. Kalaupun hanya punya satu talenan dan terpaksa memotong sayuran dan daging bersama, dahulukan memotong sayuran lebih dulu baru daging.

2. Salah pilih talenan

Ada banyak jenis talenan dengan berbagai bahan, umumnya kayu dan plastik. Apapun pilihannya, pastikan memilih yang tidak licin ketika ditaruh di meja. Bahan talenan harus yang rata dan punya grip baik di meja sehingga tidak licin dan malah membahayakan.

3. Menyikat talenan dengan keras

Membersihkan talenan dengan cara digosok dengan keras hanya akan memberi goresan lebih banyak di talenan dan goresan ini bisa menjadi sarang bakteri berkembang biak jika tidak kering benar setelah dicuci.

4. Menggunakan ukuran terlalu kecil

Sesuaikan dengan kebutuan memasak setiap hari ketika membeli talenan. Talenan terlalu kecil akan merepotkan dan tidak efisien waktu karena harus memotong bahan makanan sedikit demi sedikit.

5. Tidak mengeringkan dengan benar

Jika tak ingin talenan jadi tempat bersarang bakteri, setiap kali dicuci lebih baik dikeringkan di bawah sinar matahari sehingga kering benar. Untuk talenan kayu, hal ini juga mencegah talenan berjamur.

Itu dia sekian kesalahan masak yang sering dilakukan ketika menggunakan talenan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading