Sukses

Lifestyle

Perhiasan Unik Yang Terbuat Dari Tulang Sapi

Ladies, apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata 'tulang'? Biasanya tulang identik dengan tengkorak dan hal-hal yang berbau seram. Banyak tanda larangan atau bahaya yang menggunakan tulang sebagai simbolnya.

Dilansir dari CNN (11/9) tulang dimanfaatkan menjadi salah satu kerajinan yang unik dan tidak biasa. Tulang-tulang yang biasanya hanya menjadi sampah dan dibuang ini ternyata bisa menghasilkan uang. Tulang ini dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi berbagai macam perhiasan wanita.Di kebudayaan Afrika, setiap bagian dari seekor sapi bisa dimanfaatkan. Tidak ada bagian yang dibuang, termasuk untuk tulangnya. Karena hal itu, beberapa anak muda di Nairobi, Kenya membuat satu perusahaan kecil untuk memanfaatkan limbah ini. 'Victorious Bones' merupakan perusahaan yang membuat banyak jenis perhiasan dari tulang sapi atau kambing.

Tulang-tulang sapi ini dibeli dari restoran sebulan sekali. Setiap tulang akan dibersihkan lalu dipotong dengan pisau, lalu dihaluskan dengan amplas. Selanjutnya tulang akan direbus dengan air bercampur hidrogen peroksida untuk mensterilkan juga membuang minyak dalam tulang. Proses ini digunakan untuk memudahkan tulang diwarnai dan dibentuk sesuai keinginan. Setelah jadi, tulang ini akan dilapisi lilin agar warnanya tahan lama.

Saat ini perusahaan ini sudah mempunyai 40 orang pekerja yang kebanyakan adalah anak muda. Sebuah perhiasan dapat dibuat dalam enam sampai 20 jam tergantung dari kerumitan bentuknya. Setiap bulan, mereka mampu membuat 400 anting, dan sekitar 200 kalung. Selain dijual di pasar tradisional Victorious Bones sudah bisa mengekspor perhiasan ini sampai ke Kanada. Karena didesain dengan eksklusif, maka harga dari perhiasan ini bisa ditanyakan langsung di facebook fanpage mereka.

Kerennya lagi selain menghasilkan untung, perusahaan ini menjadi salah satu inovator dalam hal ramah lingkungan. Pemanfaatan tulang dalam hal ini bisa mengurangi sampah dan menerapkan gaya hidup yang ramah lingkungan. Kreatif sekali ya ladies..

(vem/sir)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading