Sukses

Lifestyle

13 Perasaan Takut Berlebih Yang Aneh Dan Unik

Sebagai makhluk hidup, manusia diciptakan dengan ragam yang saling berbeda antara satu dan yang lainnya. Hal ini tentu disebabkan oleh perbedaan lingkungan dan pengalaman yang terjadi pada setiap orang.

Pengalaman seseorang di masa kecil tentu akan sangat berpengaruh kelak di masa depan.Dan karena faktor pengalaman inilah,seseorang dapat memiliki rasa takut yang tidak wajar. Disebut dengan phobia, orang yang memiliki rasa takut berlebihan akan sesuatu, dikarenakan oleh pengalaman yang pernah menimpanya.

Dari kesekian banyak phobia yang terjadi pada seseorang, Ladies perlu tahu beberapa phobia yang jarang ditemui loh. yuk kita intip, apa saja sih phobia yang unik seperti yang dilansir oleh the telegraph.co.uk

1. Xanthophobia (ketakutan akan warna kuning)

Penyakit ini adalah ketakutan terhadap sesuatu yang mengandung unsur warna kuning. Entah itu warna yang terdapat pada cat air, maupun warna matahari.

Pengidap penyakit ini cenderung menghindari hal-hal yang mengandung warna kuning bahkan warna kuning yang terdapat pada tumbuhan dan bunga.

(c) xanqam.com/muymia.com/wikipedia

2.Turophobia (ketakutan akan keju)

Sekilas, kita pasti akan terheran-heran oleh ketakutan yang terjadi pada kasus ini. Penderita penyakit ini benar-benar akan lari sejauh mungkin, bahkan hanya dengan melihat sepotong keju kecil. Entah pengalaman apa yang telah menimpanya di masa lalu, namun penyakit ini benar-benar terjadi.

3. Somniphobia (ketakutan akan tertidur)

Nah! phobia yang satu ini benar-benar tidak masuk akal. manusia yang pada dasarnya diciptakan untuk beristirahat, dalam hal ini justru takut akan hal itu. Ya. Somniphobia adalah ketakutan seseorang akan tertidur pulas yang disebabkan oleh ketakutan akan bermimpi buruk. Penderita penyakit ini juga memiliki alasan lain loh, mengapa mereka takut tertidur pulas. Sebagian dari mereka meyakini bahwa tidur pulas dapat membuat mereka tidak bersiap dalam menghadapi kematian. Hem ada-ada saja yah Ladies.

4. Coulrophobia (ketakutan akan badut)

Semasa kecil, kita pasti pernah mendatangi taman bermain yang banyak akan badut hiburan Sebagian dari kita pasti sempat merasakan takut terhadap badut. Padahal, badut adalah sosok yang menggemaskan bukan?

Tapi hal ini tidak berlaku bagi penderita phobia ini. Entah mengapa, semenjak kecil orang dengan coulrophobia cenderung takut akan kehadiran badut. Beberapa dari mereka dipercaya memiliki penyakit ini karena merasa bahwa wajah badut sangat menyeramkan. Wah wah, padahal badut kan sangat ramah dan baik hati.

(c)fanpop.com

5. Hylophobia (ketakutan akan pohon)

Kalau phobia yang satu ini jelas disebabkan oleh masa kecil seseorang yang penuh imajinasi. Ketakutan terhadap pohon,hutan,atau bambu-bambuan ternyata terjadi karena rasa takut akibat khayalan. Seseorang dengan penyakit ini biasanya diakibatkan oleh masa kecil mereka di mana hutan dan pohon digambarkan sebagai sesuatu yang menakutkan di dalam sebuah kisah dongeng. Jadilah, penyakit ini timbul karena imajinasi itu sendiri.

6.Omphalophobia (ketakutan akan pusar)

Penderita phobia ini sangat unik. pasalnya mereka cenderung takut akan pusar yang terdapat pada bagian perut seseorang. Eh, tak hanya pada pusar orang lain, akan tetapi penderita juga takut hanya dengan membayangkan pusar. Bahkan, orang dengan penyakit ini cenderung benci jika pusar mereka disentuh oleh orang lain.

7. Nomophobia (ketakutan akan tidak dapat menggunakan ponsel)

Penyakit ini cenderung aneh dan tidak masuk akal. Akan tetapi, survey membuktikan, bahwa kebanyakan orang di UK sangat takut jika mereka mulai tidak bisa menggunakan ponsel mereka. Yang dimaksud dalam hal ini adalah ketika seseorang mulai kehilangan sinyal, kehabisan baterai ponsel, atau bahkan ketika mereka lupa untuk membawanya. Dan tentu saja hal ini disebabkan oleh rasa kecanduan terhadap barang teknologi yang sangat tidak terkontrol.

8. Ombrophobia (ketakutan akan hujan)

Para ibu, baiknya sekarang lebih memperhatikan lagi bagaimana cara melarang anak dalam berhujan-hujan. Karena ternyata, penyakit yang diderita orang dengan phobia ini adalah ketakutan akan hujan yang disebabkan oleh masa kecilnya. Yah, anak-anak yang cenderung dilarang berhujan-hujan, akan membentuk fisik yang lemah dan tidak tahan terkena hujan. Dalam arti kata lain, penderita penyakit ini akan benar-benar menghindari hujan karena takut akan terjadi hal-hal yang ia takutkan.

telegraph.co.uk

9. Papaphobia ( ketakutan akan pendeta)

Penyakit yang satu ini bisa digolongkan sebagai sesuatu yang langka dan tidak biasa. Orang dengan Papaphobia akan merasa takut dan tidak nyaman jika bertemu dengan pendeta. Penderita biasanya juga akan merasa takut dengan hal-hal yang suci terlebih jika itu berhubungan dengan pendeta. Penyakit ini sendiri masih belum diketahui apa penyebabnya.

10. Uranophobia (ketakutan akan surga)

Orang denganĀ  penyakit ini biasanya disebabkan oleh pikiran berlebih terhadap hari setelah kematian. Penderita Uranophobia percaya bahwa mereka akan mendapatkan hari pembalasan setelah hari kematian, oleh karena itu, hal ini membuat mereka tak berani memikirkan sedikit pun tentang surga.

11. Pogonophobia (ketakutan akan janggut)

Entah itu wanita atau pria, siapapunĀ  bisa terjangkit penyakit ini. Pogonophobia adalah seseorang dengan ketakutan terhadap janggut yang penyebabnya sendiri masih belum diketahui.

12. Trypophobia (ketakutan akan lubang)

Penderita penyakit ini umumnya memiliki rasa takut berlebih dengan sesuatu yang memiliki lubang kecil di dalamnya. Seperti lubang yang terdapat pada tumbuhan spon maupun sarang lebah. Penyakit ini juga masih belum diketahui apa penyebab pastinya.

13. Triskaidekaphobia (ketakutan akan angka 13)

Anda pasti sudah sempat mendengar bahwa kebanyakan orang percaya bahwa angka 13 adalah angka sial. Benar saja, hal ini nampaknya berpengaruh pada sebagian orang yang terlampau percaya akan mitos angka 13 tersebut. Oleh sebab itu, orang dengan penyakit ini memiliki perasaan yang tidak nyaman terhadap hal-hal yang berbau 13.

telegraph.co.uk

Wah ternyata rasa takut berlebih tak terjadi pada rasa takut akan binatang saja yah Ladies.

(vem/oem)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading