Sukses

Lifestyle

7 Rahasia Mengatasi Rasa Bersalah Bagi Working Mom

Perasaan bersalah sering mendera para working mom. Banyak waktu yang seharusnya Anda habiskan dengan suami tercinta dan buah hati. Apalagi ketika si kecil sedang lucu-lucunya atau membutuhkan perhatian ekstra Anda. Rasanya ada perasaan bersalah, kenapa harus bekerja. Seandainya saja bisa bekerja di rumah, pasti intensitas bertemu keluarga semakin besar. Perasaan-perasaan seperti itu pasti yang kerap kali Anda rasakan Ladies.
Tapi bagaimana cara mengusir perasaan bersalah itu ya?
Seperti yang dilansir dari babble.com, berikut 7 alasan untuk tidak merasa bersalah sebagai seorang ibu yang bekerja.

Girl Power di tempat kerja
Tahukah Anda, apa yang membuat hari-hari seorang wanita karir lebih mudah saat di kantor? Iya, wanita lain yang menjadi atasan Anda. Atasan Anda pasti lebih sibuk. Ketika Anda memutuskan untuk menjadi wanita karir, Anda menambah daftar nama wanita hebat. Mengapa begitu? Karena menjadi wanita karir bukanlah hal yang mudah, kekuatan mental dan batin Anda benar-benar diuji. Percayalah pada kekuatan wanita, hidup wanita!

Berpikir jangka panjang
Dalam buku milik Sheryl Sandberg, ia mengatakan jika Anda meninggalkan bayi Anda di rumah untuk bekerja, hal itu adalah sebuah investasi masa depan. Ambillah sisi positif, dengan bekerja berarti Anda sedang mengembangkan pengetahuan, gaji, dan pengalaman di tempat kerja. Jika Anda melakukan cuti yang terlalu lama, atau memutuskan untuk berhenti bekerja, ingatlah satu hal. Kebutuhan beberapa tahun ke depan pasti akan meningkat.

Anak Anda baik-baik saja
Benar, anak Anda akan baik-baik saja. Hal ini didukung oleh adanya sebuah hasil penelitian. Menurut NICHD, anak-anak membutuhkan pemahaman kognitif dan verbal. Dengan menitipkan mereka di sekolah, mereka akan belajar banyak hal. Tapi pastikan waktu Anda tetap untuk mereka setelah pulang kantor.

Anda harus tegas
Sebelum mempunyai anak, tanamkan pada pikiran Anda bahwa Anda harus pintar-pintar mengatur waktu. Mempunyai anak berarti, Anda butuh waktu dan perhatian ekstra untuk anak Anda. Pastikan Anda memiliki dedikasi dan kualitas pekerjaan yang baik, contaohnya saja Anda bisa bekerja dari rumah ketika anak Anda sakit. Dengan begitu, selain dapat bekerja, Anda dapat menjaga anak Anda.

Banyak hal yang dapat Anda lakukan sendirian
Jangan pernah berpikir Anda harus melakukan semua hal dengan ditemani suami Anda. Anda harus bisa menjadi wanita yang mandiri. Banyak hal yang bisa Anda lakukan sendiri. Anda akan memiliki banyak waktu dengan suami dan anak ketika Anda sudah di rumah atau saat weekend tiba.

Anda dapat membeli kebutuhan Anda sendiri
Satu hal yang paling menyenangkan jika Anda bekerja adalah Anda bisa membeli barang yang Anda inginkan sendiri. Tidak harus melulu merengek pada suami untuk meminta sesuatu. Tapi yang jelas, Anda harus tetap ingat mana barang yang Anda butuhkan dan hanya Anda inginkan ya Ladies.

Tampil secantik mungkin
Ketika Anda di rumah bersama anak Anda pasti Anda akan berpenampilan biasa saja. No formal dress, no make up. Sekali-kali tampillah secantik mungkin sebelum pergi bekerja dan sebelum anak Anda berangkat sekolah. Pasti anak Anda akan berpikir 'ibuku cantik sekali kalau bekerja'. Anak Anda akan merasa senang jika Anda bekerja.

Jadi Ladies, hal apalagi yang harus membuat Anda merasa bersalah? Berhenti berpikir bahwa bekerja adalah cobaan Ladies, bersyukurlah bahwa bekerja adalah kesempatan Anda untuk mengembangkan diri.

(vem/and)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading