Sukses

Lifestyle

Sahabatku Suka Pinjam Uang, Harus Bagaimana?

Yang namanya sahabat, harus bisa saling berbagi senang dan duka. Jika Anda punya sahabat, pasti sudah merasakan jatuh bangun bersama sahabat tercinta. Namun bagaimana jadinya jika sahabat yang Anda sayang berubah jadi orang yang suka meminjam uang dalam jumlah yang lumayan besar?

Namanya hidup, tidak ada yang tahu kapan seseorang membutuhkan dana lebih. Saat sahabat datang kepada Anda dan minta bantuan keuangan, alias pinjam uang dalam jumlah yang lumayan banyak. Apa yang harus dilakukan?

Mengumpulkan pundi-pundi uang bukan hal mudah, wajar jika Anda bimbang antara mau meminjamkan atau tidak. Selidiki dulu sebelum Anda langsung meminjamkan uang atas nama persahabatan.

Cari Tahu Alasannya

Siapa sih yang mau dapat musibah dan harus mengeluarkan banyak uang? Cari tahu kenapa sahabat Anda meminjam uang, jika karena keluarganya sakit atau dia sendiri yang sakit, konfirmasikan dulu pada pihak keluarganya. Jika memang benar, berarti ada kebutuhan mendesak. Seandainya Anda punya uang lebih, tidak ada salahnya membantu.

Pastikan Waktu Pengembalian Uang

Memastikan kapan dia akan mengembalikan uang sangat penting. Pastikan dia menetapkan tanggalnya. Biasanya pengembalian uang sering tertunda bahkan dicicil. Jika Anda tidak yakin dengan hal ini, Anda bisa mempertimbangkan untuk memberi pinjaman.

Lihat Tabungan Anda

Sebelum meminjamkan uang, lihat dulu kondisi keuangan Anda dan berapa yang akan dia pinjam. Jika Anda masih memiliki dana untuk keperluan darurat dan tabungan masih cukup, boleh saja meminjamkan uang pada sahabat. Namun bila tabungan Anda tidak banyak, pikirkan lagi! Jangan sampai niat membantu membuat Anda kesulitan saat membutuhkan dana lebih.

Jangan Pamer

Seseorang dapat meminjam uang pada Anda karena dia tahu Anda punya uang lebih. Maka bijaklah dan rendahkan hati. Tidak perlu pamer berapa jumlah tabungan Anda atau gadget apa yang baru Anda beli. Semakin Anda pamer, semakin banyak yang akan berpikir Anda kaya dan punya uang banyak.

Jika Berulang, Anda Boleh Menolak

Pinjam uang sekali tak apa, apalagi jika alasannya memang hal mendesak. Namun jika pinjam uang berulang kali dengan jumlah yang lumayan besar, itu sama saja membebankan orang lain. Apalagi Anda tahu bahwa sahabat sangat boros, memakai uang pinjaman entah untuk apa dan tidak bisa mandiri. Anda boleh menolak dengan tegas. Kadang memanjakan orang lain dengan sering meminjamkan uang bukanlah hal baik.

Sekarang keputusan di tangan Anda. Jangan sampai niat baik Anda justru membuat Anda pusing di kemudian hari.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading