Sukses

Lifestyle

Tips Membuat Orang Berkata Jujur Pada Anda

Ada kalanya kita mencurigai sebuah kebohongan dan ingin menguji apakah seseorang berbicara jujur kepada kita. Well, ada banyak alasan untuk berbohong dan sebagian di antaranya bisa dimaklumi. Namun ada tidak sih cara membuat orang mau berkata jujur?

Seorang pakar bernama Paula Mayer mengatakan bahwa ada cara yang 'halus' untuk membuat orang lain berkata secara jujur pada kita. Seperti apa caranya? Coba lakukan beberapa trik berikut ini.

Mengamati Gerak-Geriknya

Coba perhatikan gaya bicara, ekspresi, serta bahasa tubuhnya saat dia sedang bicara atau menjelaskan sesuatu. Anda bisa melihat bahasa tubuhnya yang mencoba meyakinkan kita atau hanya bicara begitu saja dengan nyaman di hadapan kita. Apakah ekspresinya terlihat mengambang dan kurang meyakinkan, ataukah dia nampak lebih menyatu dengan suasana.

Kadang orang yang mencoba tenang malah menyimpan misteri tersembunyi. Anda bisa melihat orang yang memang pembawaannya tenang dan orang yang mencoba menekan kecemasannya dalam ketenangannya.

Pertanyaan Pancingan

Bila Anda mulai merasa curiga dengan apa yang Anda dengarkan, coba buat pertanyaan pancingan. Misalnya saat teman Anda mengatakan bahwa dia baik-baik saja ketika dia terlihat sedang sangat tidak baik, coba tanyakan tentang kabar keluarga atau hubungan cintanya. Pertanyaan seperti ini akan 'menyinggung dengan halus' sehingga pintu pengakuannya akan terbuka. Lama-lama dia akan menceritakan kronologis apa yang ia alami dalam hidupnya.

Statement Yang Berulang

Ada beberapa statement berulang yang sering dilakukan untuk meyakinkan kita pada sudut pandangnya. Anda tak harus mengiyakannya, cukup terima dan dengarkan kata hati Anda. Tak harus pula mengkonfrontasikan apa yang benar menurut Anda. Yang penting jangan mudah terbawa suasana meski Anda berempati akan keadaannya.

Bersikap Welcome, Jangan Menjudge

Kadang, malah kita yang harus sedikit tricky dengan keadaan. Cobalah untuk menjadi sosok yang tetap bisa menerima keadaannya dan katakan bahwa apa yang dia katakan tak akan mempengaruhi apapun. Lebih bagus lagi kalau Anda bisa melakukannya dengan tulus karena bisa membuat Anda lebih logis dan tidak memihak.

Jangan terburu-buru mengatakan dia salah atau benar. Gali informasi seperlunya agar Anda bisa menentukan sikap. Namun yang jelas, tetap bersikap welcome sehingga dia merasa nyaman bicara dengan Anda.

 

(vem/gil)
What's On Fimela
Loading