Sukses

Lifestyle

Seberapa Efektif Kondom Untuk Mencegah HIV/AIDS?

Beberapa hari ini, warga Indonesia heboh dengan program Pekan Kondom Nasional. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan HIV dan AIDS. Namun kontroversi muncul ketika acara tersebut dianggap menyesatkan masyarakat pada seks bebas karena bagi-bagi kondom.

Vemale tidak akan membahas kontroversi Pekan Kondom Nasional, tapi kami akan membahas fakta-fakta seputar kondom dan hubungannya dengan penyakit menular seksual, terutama HIV dan AIDS.

Seberapa Efektif Kondom Mencegah HIV dan AIDS?

Belum ada jaminan bahwa memakai kondom yang benar dapat mencegah atau melindungi seseorang dari HIV dan AIDS 100 persen. Namun penggunaan kondom dapat mengurangi risiko penularan.

Dari situs The National Center for Biotechnology Information, dijelaskan bahwa penggunaan kondom dari lateks lebih dianjurkan untuk mencegah infeksi HIV. Data analisis terbaru menyebutkan bahwa pemakaian kondom yang tepat akan mengurangi risiko penularan HIV sebanyak 60 hingga 70 persen. Sedangkan mereka yang konsisten memakai kondom akan mengurangi risiko penularan sebanyak 90 hingga 95 persen.

Angka tersebut memang tidak menggambarkan bahwa pemakaian kondom membuat seseorang bebas dari risiko penularan HIV dan AIDS, namun pencegahan selalu lebih baik, terutama bagi orang yang sering berganti-ganti pasangan dan berisiko tinggi terkena penyakit menular seksual.

Memilih Kondom Yang Tepat

Untuk menurunkan risiko tertular HIV dan AIDS, terutama bagi mereka yang berisiko tinggi terkena penyakit ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih kondom. Dilansir oleh situs U.S. Food and Drug Administration, ada beberapa ketentuan memilih kondom yang tepat, terutama untuk menurunkan risiko terkena penyakit menular seksual atau HIV dan AIDS.

Terbuat dari Latex

Kondom yang terbuat dari latex lebih melindungi seseorang dari penularan HIV, hepatitis, herpes dan sebagainya. Sementara itu kondom dari bahan alami seperti kulit domba tidak memberikan perlindungan ekstra.

Ada Tulisan Keamanan di Pembungkusnya

Jika kardus atau pembungkus kondom tidak menyebutkan bahwa produk tersebut dapat memberi perlindungan dari berbagai penyakit yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual, maka itu tidak menjamin keamanan.

Itulah beberapa tips untuk menggunakan kondom secara tepat dan dapat melindungi seseorang dari penularan berbagai penyakit.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading