Sukses

Lifestyle

Aduh, Ini 5 Pemimpin Gereja Katolik Dengan Kepemimpinan Paling Buruk!

Gereja Katolik memiliki susunan kepemimpinan. Mereka menamakan susunan kepemimpinan ini hierarki gereja. Seperti yang Anda tahu, pemimpin tertinggi gereja Katolik adalah seorang Bapa Paus. Jabatan Paus saat ini dipegang oleh Paus Fransiskus, ia mempunyai nama asli Jorge Mario Bergoglio dan merupakan Paus ke 266.

Meskipun menjadi pemimpin gereja, dilansir dari oddee.com, ini lho Ladies ada beberapa Paus dengan kepemimpinan paling paling buruk. Siapa saja sih? Yuk, simak satu per satu.

(vem/and)

Paus Stephen VI

Adalah Paus Stephen VI, seorang Paus yang menjabat sekitar tahun 896-897. Dipicu oleh kemarahannya pada Paus Formosus, pendahulunya, ia menggali mayat sang Paus Formosus dan meletakkan mayat tersebut di atas singgasana Paus.

Stephen berbuat seakan-akan ia mengadili Formosus. Setelah melakukan hal ini, akhirnya Stephen melepas jubah suci Formosus, memotong 3 jarinya, dan membuang mayat Formosus ke sungai.

Paus Benediktus IX

Benediktus IX menjabat sebagai Paus pada tahun 1032-1044, ia menjabat lagi di tahun 1045, dan 1047-1048. Ia merupakan satu-satunya Paus yang menjabat dalam 3 periode yang terpisah-pisah. Paus ini menjadi paus yang paling kontroversial sepanjang sejarah Gereja Katolik.

Saat menjabat menjadi Paus pertama kali, ia menjual tahta sucinya untuk mendapat sejumlah uang. Pada tahun 1045, ia berhasil menggulingkan penggantinya dan kembali memerintah. Sayangnya, kepercayaan rakyat lagi-lagi ia salah gunakan. Lagi-lagi Benediktus kabur dan menjual tahtanya untuk yang kedua kalinya. Kaburnya Paus Benediktus IX ini digadang-gadang karena ia akan menikah. Padahal, pemimpin umat Katolik dilarang untuk menikah.

Setelah melakukan hal ini, pada tahun 1048 lagi-lagi Benediktus merebut Roma. Akhirnya perilaku tak terpuji Benediktus dapat dihentikan oleh Paus Damaskus II. Paus ini memaksa Benediktus keluar dari Roma.

Paus John XII

Paus yang satu ini menjadi salah satu Paus dengan kepemimpinan terburuk sepanjang masa. Ia tega memperkosa seorang peziarah wanita.

Adalah John XII, ia menjabat sebagai Paus pada tahun 955-963. Selain memperkosa seorang peziarah, John digadang-gadang juga senang mencuri persembahan gereja, minum hingga mabuk, dan berjudi. Wah-wah bukan contoh pemimpin yang baik kalau begini ya?

Paus Leo X

Senang menjual surat pengampunan gereja dan merencanakan upaya pembunuhan membuat Paus Leo X masuk dalam daftar Paus dengan kepemimpinan paling buruk. Ia menjabat sebagai Paus pada tahun 1513 hingga hari kematiannya di tahun 1521.

Ia merencanakan upaya pembunuhan kardinal, calon Paus, dengan meracuni makanan yang akan dimakan oleh para kardinal. Beberapa orang mengatakan Paus Leo X dan pengikutnya merencanakan pembunuhan ini demi mendapatkan uang dan tak mau kehilangan tahta suci.

Paus Urbanus VI

Paus Urbanus VI menjabat sebagai Paus pada tahun 1378-1389. Paus Urbanus dikenal sebagai Paus yang teramat mudah marah. Ia kerap melakukan tindakan kekerasan pada orang-orang yang bersekongkol melawan dia. Ia memenjarakan dan memperlakukan orang-orang ini secara brutal.

Tak hanya itu, Paus Urbanus juga seorang Paus yang terkenal melakukan korupsi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading