Sukses

Lifestyle

8 Tempat Mitos di Indonesia Untuk Dikunjungi Agar Enteng Jodoh

Indonesia adalah negri yang kaya akan banyak hal, baik sumber daya alam, rempah-rempah, buah-buahan, tanaman indah, dan tempat-tempat unik yang menyimpan sejuta rahasia serta cerita.

Dan kalau Anda bertanya tempat unik mana saja yang bisa dikunjungi, ada 8 lokasi mitos yang kabarnya kalau Anda ke sana maka jodoh Anda akan didekatkan. Dikumpulkan dari berbagai sumber, inilah tempat-tempat tersebut.

Pemandian Wendit

Pemandian ini terletak di desa Mangliawan, kecamatan Pakis di kabupaten Malang. Nama Wendit sendiri berasal dari kata Wendito yang artinya pendeta.

Sekalipun pemandian ini sudah disulap menjadi tempat wisata modern, masyarakat sekitar masih percaya bahwa mata airnya bisa membuat awet muda, banyak rejeki dan enteng jodoh.

Jembatan Akar Painan

Jembatan yang berlokasi di kecamatan Bayang Utara, kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Dalam bahasa Minang, jembatan yang letaknya sekitar 88 km dari sebelah selatan kota Padang ini disebut titian aka.

Jembatan ini terbentuk dari jalinan dua akar pohon yang tumbuh berseberangan dan membentang di atas aliran Batang Bayang. Panjangnya sekitar 25 meter dengan lebar 1,5 meter. Jembatan ini mulai terbentuk sekitar tahun 1890 namun digunakan pada tahun 1916.

Proses merajut akar menjadi jembatan ini membutuhkan waktu kurang lebih 26 tahun. Konon, mereka yang bertemu di tengah jembatan akan saling jatuh cinta, dan yang berkunjung ke sana akan cepat dipertemukan dengan jodoh.

Umbul Jumprit

Sumber mata air Umbul Jumprit ini terletak di lereng Gunung Sindoro, tepatnya di Desa Tegalrejo, kecamatan Ngadirejo, kabupaten Temanggung, Magelang, Jawa Tengah. Sumber mata air ini dikelilingi oleh hutan yang dihuni aneka kera dan burung.

Ditetapkan pada 18 Januari 1987 sebagai lokasi wisata oleh pemkab Temanggung.

Nama Jumprit tertulis pada serat Centini, diambil dari seorang ahli nujum kerajaan Majapahit, Ki Jumprit. Atas amalan dan jasanya, ia dimakamkan di lokasi yang tak jauh dari Umbul Jumprit.

Molii Sahatu

Adakah salah satu mata air yang lokasinya di Wakatobi. Mata air ini disebut juga dengan nama Mata Air Seratur. Di lokasi ini, air tawar dan air laut menyatu, namun rasanya tetap tawar dan bisa diminum.

Air di Molii Sahatu kabarnya bisa meringankan jodoh, rejeki, jabatan hingga menyembuhkan penyakit.

Tuk Bimo Lukar

Tuk Bimo Lukar adalah mata air yang disucikan oleh umat Hindu kuno, mata air ini berlokasi di pegunungan Dieng, Jawa Tengah. Terbuat dari bebatuan purba dengan simbol batu lingga dan yoni, di tengah-tengah batu terdapat lubang untuk menampung air dari pancuran lingga.

Kabarnya, mereka yang mencuci muka dengan air tersebut akan nampak awet muda dan enteng jodoh.

Goa Nagaraja

Goa Nagaraja berlokasi di Gunung Selok, Banyumas, Jawa Tengah. Goa ini bisa ditempuh dari desa Karang Benda, di Cilacap.

Goa yang dikeramatkan ini selain menjadi tempat semedi dan mencari pesugihan juga dipercaya dapat membantu enteng jodoh. Syaratnya, Anda hanya diminta mandi di dalam goa.

Air Terjun Sekar Langit

Bila Anda pernah mendengar kisah Jaka Tarub yang mencuri selendang bidadari, maka tempat ini dipercaya sebagai lokasi pencurian selendang, alias lokasi mandi para bidadari.

Banyak wanita percaya bahwa mandi di sana dapat membesarkan payudara dan enteng jodoh.

Taman Sare

Taman Sare berlokasi di kabupaten Sumenep, Madura. Taman ini dulu merupakan kolam pemandian dayang-dayang dan istri para raja. Lokasi tepatnya ada di sebelah timur Pendopo Agung.

Air kolam Taman Sare dipercaya dapat menambah aura kecantikan dan apabila diminum atau dipakai mencuci muka akan mendatangkan jodoh.

Percaya atau tidak, jodoh memang ada di tangan Tuhan Yang Maha Kuasa, namun tempat-tempat di atas hingga sekarang masih ramai dikunjungi para turis baik dari dalam negri maupun luar negri yang tertarik membuktikan mitos enteng jodohnya.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading