Sukses

Lifestyle

Waspada, 7 Tanda Depresi Yang Sering Tidak Anda Sadari

Ada banyak penyebab depresi. Misalnya kebosanan, kelelahan, putus cinta, masalah kerja dan sebagainya. Well, hidup memang penuh dengan pergulatan akan hal tersebut.

Semakin dewasa, kita tak menyadari bahwa seringkali kita sebenarnya mengalami stres yang lebih berat dari biasanya. Tiba-tiba berat badan sudah semakin bertambah dan Anda sering sakit, bisa jadi ada indikasi tubuh Anda stres.

Tapi, gejala stres yang sesungguhnya seringkali tersembunyi dan tak Anda sadari. Seperti ini misalnya.

(vem/gil)

Kurang Motivasi

Salah satu tanda Anda mengalami depresi adalah mulai mundurnya motivasi Anda melakukan rutinitas yang biasanya Anda kerjakan. Yang mana biasanya Anda enjoy melakukannya, Anda mulai nampak bosan dan sering mengeluh.

Misalnya setelah putus cinta, Anda yang biasanya rajin mengerjakan tugas kuliah atau kantor, kini jadi tidak semangat lagi. Dan gejala kedua adalah....

Imunitas Yang Menurun

Ketika Anda mulai sering sakit, mungkin bukan hanya karena makanan atau virus yang menjadi penyebabnya. Namun kondisi tubuh Anda yang seringkali mengalami nervous dan kecemasan.

Hal ini bisa membuat daya tahan tubuh melemah dan Anda jadi mudah sakit. Imunitas menurun juga disebabkan karena Anda kebanyakan pikiran yang biasanya menyerang pencernaan dan tensi darah.

Sering Ingin Sendiri

Padahal sebenarnya bersama dengan teman-teman akan menyenangkan. Namun entah mengapa Anda selalu haus waktu untuk sendirian.

Bisa jadi Anda secara tak sadar mulai menarik diri dari interaksi sosial karena mulai sering lelah secara mental dan fisik. Anda juga mulai takut dengan dunia luar karena ada problem lain yang menghantui pikiran Anda.

Kebiasaan Makan Tidak Sehat

Salah satu hal yang berubah adalah ketika Anda mulai tak waspada lagi dengan makanan yang Anda konsumsi. Jajan sembarangan, diet berantakan dan bahkan tak pernah olahraga.

Anda akan banyak memilih comfort food yang bisa membuat Anda terhibur dari suasana yang membuat Anda tertekan. Padahal, belum tentu makanan itu sehat bagi Anda.

Kelelahan Konstan

Setiap hari Anda merasa lelah padahal sudah cukup tidur. Hal ini karena pikiran Anda lebih lelah dan sakit dibandingkan tubuh Anda. Kalau sudah begini, bukan obat atau tidur lagi yang Anda butuhkan.

Anda butuh perubahan suasana dan kebebasan. Sehingga Anda bisa lebih leluasa melakukan apa yang Anda inginkan. Selain itu berada di lingkungan yang suportif bisa jadi hal yang memberi suntikan motivasi bagi Anda.

Insomnia

Sulit tidur karena banyak pikiran? Sudah pasti terjadi pada mereka yang depresi. Jangan sampai suatu masalah mengontrol kehidupan Anda, apalagi membuat Anda sulit tidur.

Bila ini terjadi, artinya masalah tersebut serius dan Anda perlu mengatasinya. Konsultasi dan terapi bisa jadi hal yang Anda butuhkan untuk bisa tidur normal kembali.

Dorongan Seks Berkurang

Khusus bagi yang sudah menikah, salah satu tanda Anda mulai depresi adalah ketika dorongan seks yang Anda miliki berkurang. Sebaiknya, Anda mulai mengambil cuti dan liburan karena Anda memang membutuhkannya.

Take a trip with your spouse dan nikmati perjalanan Anda tanpa perlu dihubungi oleh rutinitas kantor dan sebagainya. Keep calm and lets have a holiday.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading