Sukses

Lifestyle

Cerita-Cerita Unik Seputar Keju Yang Belum Anda Ketahui

Keju. Makanan ini populer di seluruh dunia. Selain karena rasanya yang gurih, keju juga punya banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain menguatkan tulang dan gigi. Keju terbuat dari susu yang difermentasikan. Hasil olahannya ada banyak sekali, mulai untuk campuran makanan hingga minuman.

Tahukah Anda kisah-kisah unik yang berhubungan dengan keju? Dilansir dari mentalfloss.com, berikut 5 kisah unik yang berhubungan dengan keju:

 

(vem/wnd)

Ratu Victoria Menerima Keju Sebagai Hadiah Pernikahannya

Mungkin di masa kini kita akan tertawa jika ada yang menghadiahi kita sepotong keju untuk kado pernikahan. Tapi hal ini benar-benar terjadi pada Ratu Victoria, lho. Saat perayaan pernikahannya di tahun 1840 dengan sepupu Pangeran Albert, Ratu Victoria menerima sekitar 566 kg keju Behemoth. Keju tersebut diproduksi oleh pembuat keju terbaik dari dua desa. Wah, ada-ada saja, ya!

Keju Terbau di Dunia

Bicara tentang bau keju, di tahun 2004 peneliti dari Cranfield University, Inggris menggunakan sebuah hidung elektronik bersama dengan 19 orang yang bertugas untuk menganalisis bau keju. Keju lunak dari Perancis Utara disebut Vieux Boulogne yang disebut sebagai keju terbau, ternyata dikalahkan oleh Epoisses de Bourgogne. Saking baunya, keju ini sampai dilarang untuk dibawa ke dalam transportasi umum seluruh Perancis.

Lubang Keju Swiss

Lubang pada keju Swiss biasanya disebut dengan istilah "mata". Hal ini disebabkan letupan gas karbon dioksida yang diproduksi oleh bakteri pada saat fermentasi. Semakin lama keju difermentasi, semakin besar lubang terbentuk. Dengan mengontrol pertumbuhan bakteri dalam berbagai kondisi temperatur dan keasaman, pembuat keju dapat mengatur ukuran lubang pada keju. Menarik, ya.

Mac And Cheese, Makanan Terpopuler di Amerika

Apakah Anda menyukai makanan asin gurih ini? Ternyata, mac and cheese adalah resep berbahan dasar keju yang paling populer di Amerika. Menurut Guiness World Records, mac and cheese terbesar dibuat oleh Cabot Creamery Cooperative dengan berat 1119 kg. Tampaknya menggiurkan sekali.

Pemahat Keju

Jika selama ini kita familiar dengan pahatan keramik, kayu atau batu, ternyata ada profesi yang mengkhususkan diri sebagai pemahat keju, lho. Di Amerika, ada 3 pemahat keju professional. Salah satunya adalah Sarah Kaufmann atau yang dikenal sebagai "Cheese Lady". Kaufmann pernah memahat keju berbentuk Mickey Mouse seberat 54 kg hingga patung keju berbentuk Gorilla seberat 136 kg. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading