Sukses

Lifestyle

10 Pekerjaan Sampingan Yang Bisa Dilakukan Dari Rumah

Di kondisi perekonomian yang sedang sulit, dibutuhkan keterampilan dan kreativitas lebih untuk menghasilkan pemasukan. Apalagi kini harga barang serba mahal, ibu rumah tangga jadi harus berputar otak untuk membantu suami menangani pengeluaran.

Ada beberapa cara untuk menambah penghasilan keluarga tanpa harus meninggalkan pekerjaan rumah tangga. Pekerjaan sampingan ini bisa dilakukan dari rumah sembari tetap beraktivitas biasa. Seperti dikutip dari Guardian.com, inilah beberapa ide pekerjaan sampingan yang mungkin cocok untuk Anda.

Mengumpulkan barang bekas

Beberapa barang bekas bisa dikumpulkan dan dijual kembali. Penjual barang bekas ini beragam, mulai dari kategori barang antik, baju bekas, tas bekas, barang-barang bayi bekas, semuanya yang kondisinya masih bagus bisa dijual.

Di manakah menjualnya? Anda tak perlu repot meninggalkan rumah karena barang-barang tersebut bisa dijual via internet. Tinggal membuka akun Facebook atau bergabung di situs khusus yang menjadi media atau perantara penjualan barang.

Mengisi deskripsi barang yang akan dijual, dan tinggal menunggu transaksi di jalankan.

Penitipan anak

Apabila ada tetangga Anda yang merasa kesulitan menjaga anak ketika sedang bekerja, sediakan waktu untuk menjaga dan menjadi penitipan anak. Batasi jumlah anak yang harus dijaga agar Anda tidak kewalahan, dan sepakati terlebih dahulu waktu, kebiasaan makan, history kesehatan, dan lain sebagainya sehingga tidak ada problem yang akan muncul nantinya.

Bikin kue

Membuat aneka kue dan snack lain kemudian membuka stand kecil di teras rumah juga bisa jadi ide yang bagus lho. Apalagi di sekitar rumah Anda banyak anak kecil yang suka jajan. Anda bisa sekalian membuat aneka jajanan sehat sehingga orang tua mereka mau jadi langganan Anda.

Buka usaha catering

Tidak perlu buka usaha catering besaran dulu, sediakan saja menu-menu masakan rumahan harian untuk tetangga Anda yang mungkin sudah tak punya waktu untuk memasak.

Jual kosmetik

Bisnis penjualan kosmetik saat ini sedang marak di Indonesia. Anda bisa bergabung bersama beberapa perusahaan kosmetik dengan sistem penjualan door to door untuk mendapatkan keuntungan ganda.

Data entry

Beberapa perusahaan membutuhkan jasa data entry yang tak mengharuskan Anda untuk berada di kantor. Anda bisa melakukannya via internet dan menitipkan CV Anda di internet.

Menjual tanaman

Atur taman sedemikian rupa kemudian mulai menanam aneka bunga-bunga di pot-pot kecil. Jika sudah tumbuh, Anda bisa menjualnya dengan harga 5ribu - 10 ribu rupiah. Kedengarannya sepele, tetapi usaha ini cukup ampuh menambah pundi-pundi uang belanja Anda.

Garage sale

Tradisi ini mungkin biasa dilakukan di luar negeri, tetapi Anda juga bisa melakukannya di rumah Anda. Cari barang-barang yang masih bagus dan sudah tidak terpakai lagi. Beri label harga dan pamerkan di carport atau garasi rumah Anda. Siapa tahu ada tetangga yang membutuhkannya.

Jasa laundry

Laundry rumahan juga cukup efektif lho untuk membantu menambah pundi-pundi Anda.

Party organizer

Buat saja spanduk sederhana yang menginfokan bahwa Anda bisa membuat rencana cantik untuk pesta ulang tahun anak. Iklankan pula di beberapa social media.

Semua hal bisa dimanfaatkan kalau Anda mau dan benar-benar berusaha. Andapun tak perlu sampai takut berlebihan soal urusan tambahan penghasilan ini. Asal ada niat dan usaha, penghasilan tambahan akan dengan mudah Anda peroleh.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading