Sukses

Lifestyle

Ternyata Anjing Bisa Memahami Perasaan Pemiliknya

Ladies, mungkin ini kenapa anjing selama ini bisa sangat setia kepada pemiliknya. Bahkan beberapa film tentang anjing menayangkan betapa seekor anjing setia menunggu pemiliknya yang sebenarnya sudah meninggal hingga akhirnya anjing itupun mati dan dijadikan monumen penuh kenangan di Jepang. Anda masih ingat film itu nggak Ladies? Ternyata anjing bisa memahami mood pemiliknya hanya dari perbedaan suara yang dikeluarkan pemiliknya seperti dilansir dari express.co.uk.

Para ilmuwan akhirnya menemukan bagaimana anjing bisa mengerti perasaan manusia melalui scanning otak setiap kali mendapatkan sumber suara yang berbeda. Manusia memiliki daerah khusus di otak yang dapat digunakan untuk mendeteksi suasana hati orang yang didengarnya. Dan ajaibnya, ternyata anjing juga memiliki hal yang hampir mirip dengan salah satu bagian pada otak manusia tersebut. Penelitian ini melibatkan 11 ekor anjing yang berbaring dalam scanner MRI, sementara mereka mendengarkan berbagai jenis suara yang dimainkan. Selain mengamati respon kerja otak anjing, peneliti juga mengumpulkan data proses yang terjadi pada otak manusia ketika menanggapi suara yang sama dengan melibatkan 22 orang responden.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan hal yang sangat menakjubkan. Ternyata otak anjing mengelola informasi sama seperti yang dilakukan pada otak manusia. Selain itu, letak daerah yang memproses suasana hati ini terletak pada daerah yang sama. Kemudian para ilmuwan juga menemukan bahwa ternyata manusia juga bisa membedakan suara anjing ketika menggonggong. Namun yang membedakan ternyata hampir setengah dari otak anjing bereaksi sangat kuat terhadap suara yang ditimbulkan lingkungannya, sedangkan pada manusia hanya 3 persen bagian otak saja yang sensitif terhadap suara yang ditimbulkan lingkungannya.

Nah, Ladies kalau nggak ada temen curhat bisa cerita ke anjing piaraan Anda lho. Atau mungkin Anda bisa mengajak anjing kesayangan Anda untuk melakukan syuting film seperti galeri di bawah ini Ladies.

(vem/hyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading