Sukses

Lifestyle

Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Para Newbie di Dunia Kerja (Fresh Graduate Wajib Baca)

Sebagai seorang fresh graduate memiliki banyak tantangan tersendiri di dunia kerja. Tantangan pertama yang Anda harus hadapi adalah memilih dan diterima di pekerjaan yang cocok, terlebih banyak perusahaan mensyaratkan adanya pengalaman kerja.

Tidak berhenti sampai di situ, saat pertama kali memasuki dunia kerja, banyak hal yang harus Anda ketahui, tak jarang para newbie di dunia kerja melakukan beberapa kesalahan yang umum, namun berakibat buruk bagi Anda. Untuk menghindarinya, Anda dapat menyimak beberapa kesalahan yang sering dilakukan para newbie di dunia kerja berikut ini, seperti dilansir blackenterprise.com.

Berpikiran pekerjaan pertama Anda adalah pekerjaan sementara

Mungkin Anda merasa pekerjaan yang Anda jalani saat ini hanyalah pekerjaan sementara sebelum Anda mencari pekerjaan yang lebih cocok, namun sebaiknya hilangkan pikiran itu. Meskipun pekerjaan ini belum cocok di mata Anda, buatlah menjadi ladang pelajaran berharga bagi Anda. Berlakulah profesional dan mempelajari apa saja yang dapat Anda pelajari dari pekerjaan Anda sekarang.

Melupakan etiket

Dunia kerja adalah dunia yang menuntut keprofesionalan Anda pada segala aspek. Tidak etis bagi Anda untuk menjelekkan atau mengeluhkan perusahaan Anda pada akun media sosial Anda. Penting juga untuk mempelajari etika yang berlaku di perusahaan Anda dalam hal berpakaian atau sopan santun.

Mengabaikan orang lain yang merupakan bagian dalam pekerjaan

Sebuah organisasi memang selalu memiliki struktur yang jelas, namun ada juga yang tidak tertulis di sana dan Anda tidak boleh mengabaikannya. Misalnya ada seseorang yang sangat dipercaya dan didengar pendapatnya oleh banyak orang karena dianggap senior meskipun tidak memiliki jabatan penting dalam perusahaan. Perhatikan siapa yang memiliki banyak pengalaman dan pengaruh di lingkungan Anda agar Anda dapat diterima dengan baik.

Terlalu pasif

Memasuki dunia baru membutuhkan waktu untuk penyesuaian dan adaptasi. Namun, bukan berarti Anda hanya pasif dan hanya melakukan apa yang diperintahkan pada Anda. Anda dapat aktif bertanya agar dapat belajar lebih banyak setiap harinya. Jangan takut bertanya hal-hal yang tidak Anda mengerti untuk meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi.

Berusaha keras untuk disukai

Baik juga untuk menjadi populer di kantor, namun popularitas bukan hal yang penting. Lebih penting bagi Anda untuk menunjukkan kinerja yang baik dan sesuai untuk perusahaan Anda. Beberapa pakar bahkan menyarankan untuk menunggu requeat pertemanan di media sosial datang dari rekan kerja Anda daripada terlalu bersemangat untuk berteman dengan semua orang di kantor di sosial media Anda.

 

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading