Sukses

Lifestyle

Mahasiswa Temukan Uang Rp 470 Juta Dalam Sofa Bekas, ''Kami Tahu Ini Harus Dikembalikan''

Membeli barang bekas tak selamanya berakhir kecewa. Siapa sangka, membeli sebuah sofa tua bekas dan bau membuat mahasiswa dan mahasiswi ini mendapat banyak uang. Uang tersebut diselipkan dalam amplop di dalam sofa dan angkanya tidak kira-kira.. sekitar Rp 470 juta. Fantastis bukan?

Tiga mahasiswa Reese Werkhoven, Cally Guasti dan Lara Russo membeli sebuah sofa tua dalam acara amal. Sofa itu sudah jelek dan bau, namun mereka memutuskan untuk membelinya, karena sangat murah, sekitar $ 20 (Rp 220.000) saja. Namun saat sudah dibawa ke rumah, mereka menemukan hal yang luar biasa, karena ada amplop terselip dalam sofa itu, dilansir oleh Dailymail.co.uk.

Kami akan membeli mobil dan perahu dengan uang itu

Saat amplop dibuka, betapa terkejut mereka, karena isinya adalah uang tunai yang sangat banyak. Mereka langsung berteriak histeris dan menghitung uang-uang itu. Total, sekitar $ 41.000 atau Rp 470 juta.

"Kami terus menghitung uang itu dan makin banyak jumlahnya, kami makin senang. Reese bahkan berencana akan membeli mobil untuk ibunya, bahkan membeli perahu," ujar Lara.

Mereka bahkan sempat berfoto dengan uang kertas yang sangat banyak itu. Namun kegembiraan itu langsung berubah menjadi dilema batin, saat mereka menemukan amplop berisi nama pemilik sofa tersebut.

Nurani berkata lain, uang ini harus dikembalikan

Tiga mahasiswa tersebut akhirnya membatalkan niat memiliki uang itu. Mereka sepakat mencari siapa pemilik sofa dan mengembalikannya. Mereka memberi tahu keluarga dan sepakat juga tidak memberitahu orang lain mengenai uang-uang itu, takut akan menimbulkan kejahatan.

Foto: copyright dailymail.co.uk

Setelah mencari dan terus mencari, akhirnya sang pemilik ditemukan. Seorang wanita tua yang tidak mau namanya disebutkan. Wanita itu bercerita bahwa suaminya bekerja sangat keras dan mengumpulkan banyak uang sebelum meninggal. Sang suami ingin agar istrinya hidup bahagia dengan uang tersebut. Bingung mau disimpan di mana, akhirnya wanita itu menyelipkan uang dalam beberapa amplop dan dimasukkan dalam sofa hingga 30 tahun.

Tidak ada penghuni rumah yang tahu tentang uang itu. Hingga beberapa waktu yang lalu, sang wanita menjalankan operasi punggung dan dokter menyarankan agar anak-anak sang wanita mengganti perabotan lama (termasuk sofa) dengan perabotan baru yang lebih sehat. Akhirnya sofa itu dibuang dan diberikan pada badan amal untuk dijual.

Kami tidak menyesal mengembalikan uang itu

Akhirnya uang itu kembali pada pemiliknya. Bagaimana dengan ketiga mahasiswa itu? Mereka mengatakan tidak menyesal karena telah melakukan hal yang benar. Walaupun sebenarnya mereka bisa saja sepakat tidak mengatakan apapun tentang uang-uang itu.

"Saya pikir adalah benar jika kita jujur dan berbuat baik, karena pada akhirnya akan berguna bagi diri kita sendiri," ujar Reese.

Berkat kebaikan mereka, sang pemilik sofa memberikan sekitar $ 3.000 (Rp 35 juta) kepada mereka bertiga. Sebuah kisah yang luar biasa. Semoga saja kejujuran mahasiswa-mahasiswi ini berbalas kebaikan juga.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading