Sukses

Lifestyle

Hebat! Berhasil Membuat Lemari Es Tanpa Listrik, Dua Putri Indonesia Raih 2 Penghargaan di Amerika

Dua remaja putri asal Sumatera Selatan berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam sebuah acara penganugerahan award dalam Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) 2014 yang diselenggarakan di Los Angeles, Amerika Serikat.

Muhtaza Aziziya Syafiq dan Anjani Rahma Putri berhasil meraih dua penghargaan bergengsi dalam acara yang diselenggarakan pada tanggal 11-16 Mei 2014 itu.

Seperti dilansir Merdeka.com, dua siswi SMA Negeri 2 Sekayu ini meraih the Development Focus Award senilai US$10,000 dari the U.S. Agency for International Development (USAID). Tak hanya itu, mereka juga meraih penghargaan senilai US$1,000 di kategori Engineering, Materials & Bioengineering melalui karya ilmiah mereka yang berjudul Green Refrigerant Box.

Green Refrrigerant Box adalah inovasi lemari es tanpa listrik dan freon yang tentu saja menjadikannya ramah lingkungan. Karya tulis ini berfokus pada penggunaan Kayu Gelam sebagai solusi alternatif untuk pendingin sayur dan buah.

Latar belakang penulisan karya ini didasarkan pada potensi dari Kabupaten Musi Banyuasin yang kaya akan hasil buah-buahan dan sayurannya. Namun, potensi ini sedikit terhalangi karena masalah listrik. Karena itulah muncul ide untuk membuat pendingin untuk menyimpan buah dan sayur yang tidak menggunakan listrik maupun freon yang dinamakan Green Refrigerant Box.

Dengan lemari pendingin Green Refrigerant Box, dalam waktu 2 jam 20 menit saja, suhu awal yang mencapai 28 derajat Celcius akan dapat turun hingga 5,5 derajat Celcius. Hebat, bukan?

Intel International Science and Engineering Fair tahun ini diikuti oleh lebih dari 1.700 ilmuwan muda yang dipilih dari 435 kompetisi di lebih dari 70 negara di seluruh dunia. Selain pemenang utama, lebih dari 500 finalis menerima penghargaan dan hadiah untuk penelitian inovatif mereka, termasuk 17 pemenang "Best of Category", yang masing-masing menerima hadiah sebesar USD 5.000.

Selamat untuk Muhtaza Aziziya Syafiq dan Anjani Rahma Putri! Semoga prestasinya dapat menjadi inspirasi bagi putra-putri bangsa lainnya.

 

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading