Sukses

Lifestyle

7 Alasan Anda Tak Perlu Memaksa Seseorang Berubah

Kadang kita punya sahabat atau saudara yang lebih suka berkubang dalam penderitaan. Well, menurut kita itu adalah penderitaan. Namun menurut mereka, itu adalah proses yang harus dijalani.

Adalah hal yang sudah biasa bagi seseorang untuk menjudge orang lain. Karena seringkali kita menggunakan frame kita sendiri untuk melihat orang lain, yang tak selalu sesuai dengan orang lain.

Pada dasarnya, bukan hak seseorang untuk mengubah orang lainnya. Dan bukan pula tanggung jawab kita untuk melakukannya. Karena apa yang kita anggap baik, baginya tak selalu demikian. Dan pada dasarnya perubahan itu hanya bisa dilakukan oleh orang tersebut.

Ada 7 alasan mengapa Anda tak perlu ngotot meminta orang lain berubah meski dengan alasan demi kebaikan mereka sendiri.

Tekanan Pada Orang Tersebut

Salah satu aturan dalam hidup ini adalah jangan melakukan hal yang tak membuat Anda bahagia. Saat Anda meminta orang lain berubah dan dia tak mau, hal itu bisa dimaklumi. Namun bila Anda mendesaknya untuk menuruti omongan Anda, hal itu hanya akan menjadi tekanan yang membuatnya mundur teratur dari Anda.

Mengurangi Kebahagiaan Mereka

Apa yang kita pandang sebagai kebahagiaan, belum tentu sama bagi mereka. Biarkanlah mereka melakukan perjuangannya sendiri dan memenangkan perjuangan itu. Posisi kita adalah sebagai penyemangat dan sekedar memberikan saran.

Mengundang Kemarahan

Ini adalah salah satu dampak buruk ketika kita berusaha mengubah seseorang saat mereka tak ingin. Di satu sisi, mereka tak ingin melakukannya dan menjauh dari kita, di sisi lain, kita jengkel dan merasa mereka keras kepala. Tak usah lelah membuat Anda emosi sendiri.

Keegoisan

Masalahnya mungkin bukan ada pada dia. Namun masalahnya adalah kita dengan apa yang kita lihat darinya. Misalnya kita meminta dia berubah dari kebiasaannya bicara tanpa basa-basi sehingga terkesan menyakiti hati. Padahal di sisi lain sebenarnya itu adalah karakternya sebagai seorang pribadi. Mungkin kita yang perlu mengerti. Bukan memintanya berubah karena keinginan pribadi kita.

Memang Bukan Rekan Yang Tepat

Ada kalanya memang kita bertemu dengan orang yang tak sevisi misi. Bahkan menjadi agen perdamaian yang ingin mempersatukan dunia pun, tangan kita masih tak bisa merengkuh semua orang. Ada kalanya memang Anda dan dia BERBEDA. Bukan salahnya atau salah Anda. Namun Anda memang perlu mencari rekan yang tepat.

Tak Ada Orang Yang Sempurna

Apa yang Anda lihat pada norma dan orang lain itu tak sepenuhnya sebenar atau sesempurna itu. Di samping sisi yang negatif, pasti ada banyak hal positif yang bisa dilihat. Bahkan kita sendiri bukan orang yang sempurna. Daripada mengatasi masalah orang lain, mungkin ada baiknya kita mengoreksi diri terlebih dulu.

Merapuhkan Jiwa

Meminta orang lain berubah secara tak langsung membuat ia mengalami kerapuhan jiwa. Apalagi kalau dia bukan orang yang mudah memegang prinsipnya sendiri. Biarkan seseorang melalui proses dan menjadi dirinya sendiri dalam menjalani semua lika-liku kehidupan.

Jadilah sahabat yang memahami, menerima dan memberikan saran sebagai pertimbangan. Bukan untuk dipaksakan.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading