Sukses

Lifestyle

Tips Membuat Saus Tomat Sendiri

Mungkin Anda berpikir, kalau untuk saus tomat, kenapa tidak beli saja? Kan lebih praktis dan mudah? Well, kebanyakan chef, akan lebih menyarankan Anda untuk membuat saus tomat sendiri.

Dengan membuat saus tomat sendiri. Anda akan merasa lebih aman dan nyaman dalam menggunakannya. Saus tomat bikinan sendiri tentunya lebih segar, jauh dari bahan tambahan yang tidak diperlukan seperti pengawet dan pewarna.

Dengan 3 bahan saja, Anda bisa membuat saus atau pasta tomat sendiri di rumah. Ketiga bahan itu adalah 1 kg tomat, 5 sendok makan butter dan 1 buah bawang bombay. Bagaimana cara membuatnya?

Pertama, blender tomat hingga menjadi jus, kemudian masukkan dalam wajan atau panci. Masukkan butter dan bawang bombay yang sudah dicacah kecil-kecil, gunakan api kecil untuk memasaknya. Aduk perlahan dan tambahkan garam.

Masak selama 45 menit hingga saus tomat buatan Anda sudah cukup kental. Kalau masih ada bagian tomat yang berbentuk bongkahan, hancurkan dengan menggunakan spatula. Diamkan sampai suhunya normal seperti suhu ruangan, kemudian masukkan dalam jar atau botol. Simpan dalam kulkas agar bisa digunakan berkali-kali.

Nah, sekarang Anda sudah bisa membuat saus tomat sendiri yang lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi semua anggota keluarga. Lebih murah dan bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan. Selamat mencoba dan semoga Anda suka.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading