Sukses

Lifestyle

Bersakit-Sakit Dahulu, Bukan Berarti Anda Harus Jatuh Sakit Sungguhan

Pernah mendengar pepatah, 'bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian'? Ini adalah pepatah yang memotivasi kita untuk berusaha  semaksimal mungkin agar bisa mengecap hasil yang manis di kemudian hari. 

Bukan berarti, Anda harus jatuh sakit sungguhan karena kelelahan kerja. Masyarakat modern jaman sekarang boleh dibilang adalah yang paling sibuk dari generasi sebelumnya. Bekerja hingga larut malam, tidur kurang dan harus bangun di pagi buta untuk menyiapkan diri akan task-task berikutnya. 

Uang bisa dicari, tapi kesehatan Anda jangan terlalu diforsir. Tanpa kesehatan yang baik, Anda pun tak bisa mengejar impian dalam karir yang sedang dituju. Ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah jatuh sakit selama masa produktif kerja. 

    Manajemen Waktu

    Sounds cliche, but you need to have time management. Dengan memiliki jadwal atau pakem dalam sehari, Anda bisa menentukan mana yang prioritas, harus selesai dalam waktu berapa lama dan kapan Anda punya waktu untuk diri sendiri. Disiplin dengan waktu membuat Anda lebih mudah menata keseharian Anda.

    Makan Sehat Dan Tepat

    Makanan adalah hal yang berpengaruh bagi kita. Bisa menyehatkan dan bisa menyakitkan. Choose the right food that you NEED, not just what you WANT. Kesibukan kerja kerap membuat seseorang 'ngidam' makanan favoritnya, tanpa memperhatikan dampaknya bagi kesehatan. Anda adalah apa yang Anda makan. Stick on healthy foods dan makanlah dalam porsi yang cukup.  

    Save Your Money, Ambil Cuti

    Selagi Anda lebih selektif dalam makanan, artinya Anda bisa mengurangi anggaran cemilan dan menyimpannya untuk momen yang lebih baik. Sisihkan uang pendapatan Anda untuk holiday/shopping money. Dengan memiliki simpanan seperti ini, ketika Anda mengambil cuti, Anda punya kesempatan mereward diri sendiri dengan liburan ke tempat yang Anda dambakan atau shopping 'till drop.

    Sempatkan Olah Raga

    Olah raga adalah salah satu cara untuk bisa membangun imunitas tubuh. Saat tubuh dilatih dengan aktif dan rutin, metabolisme akan lebih lancar, termasuk detoksifikasi dan regenerasi sel. Dengan demikian Anda punya kondisi tubuh yang prima untuk bekerja. 30 menit sehari, 2-3 kali seminggu bisa jadi alternatif. Sesuaikan dengan kondisi tubuh dan waktu yang Anda miliki.

    Be Happy

    Jadilah orang bahagia, sekalipun Anda merasa belum sreg dengan pekerjaan Anda sekarang. Berkumpul dengan orang yang membuat Anda happy. Lakukan apapun yang membuat Anda bahagia. Baca banyak buku. Istirahat yang cukup. Orang yang sedih, imunitasnya lebih lemah dibanding dia yang bahagia. Complete your immune system with something called happinness.  

Tinggal di kota yang sibuk, dengan pekerjaan yang sibuk dan pikiran yang sibuk, jangan lupa untuk memberi makan jiwa dan raga dengan hal-hal yang menyehatkan. Stay active and stay health. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading