Sukses

Lifestyle

Graha YOAI: Pentingnya Pengobatan Dan Perawatan Anak-Anak Dengan Kanker

Setiap tahun lebih dari 250.000 anak di seluruh dunia terdiagnosis kanker, sementara diperkirakan sekitar ada 90.000 anak yang meninggal akibat penyakit tersebut. Padahal 70% dari kanker pada anak sebenarnya dapat  disembuhkan bila ditemukan sejak dini dan memperoleh penanganan yang baik.

Di negara-negara maju, 80% anak-anak kanker dapat bertahan hidup, sementara sangat bertolak belakang kenyataannya bagi mereka yang tinggal di negara-negara miskin, di mana 80% anak-anak dengan kanker justru malah terlantar.

International Confederation of Childhood Cancer Parent Organization atau ICCCPO menghimbau pemerintah di seluruh dunia untuk memastikan bahwa anak-anak dengan kanker tidak peduli di mana mereka tinggal harus memiliki akses ke perawatan.

Foto: copyright by Vemale.com

Yayasan Onkologi Anak Indonesia atau YOAI merupakan suatu yayasan yang sangat peduli terhadap anak-anak kanker beserta keluarganya. Tujuan didirikannya Graha YOAI ini adalah sebagai pusat kegiatan bagi pasien dan survivor kanker anak. Graha YOAI juga dilengkapi dengan area singgah bagi para pasien dan pendampingnya.

“Program kami ada enam yang kita tanamkan. Pertama bantuan pengobatan penderita kanker yang tidak mampu, kedua cancer camp untuk anak-anak pasien dan surviver, ketiga konseling sharing antara orang tua dengan psikolog maupun sharing orang tua anak yang sudah sembuh."

Foto: copyright by Vemale.com

"Keempat perwujudan kanker anak di rumah sakit, kelima penyebaran luasan informasi dengan mengadakan seminar, keenam hubungan international dan nasional yaitu perkumpulan dari yayasan-yayasan orang tua kanker seluruh dunia,” ungkap Rahmi Adi Putra Tahir selaku Ketua YOAI di Graha YOAI Tomang Jakarta Kamis 14 Agustus 2014 lalu.

“Di Indonesia sendiri persoalan kanker merupakan masalah yang cukup besar. Diperkirakan setiap tahunnya 100 orang penderita kanker baru dari 100.000 penduduk, berarti untuk 220 juta penduduk Indonesia ditemukan 220.000 penderita kanker baru di antaranya 2% nya adalah kanker anak yang artinya ditemukan 4.400 penderita kanker anak baru per tahun,”tambah Rahmi.

Foto: copyright by Vemale.com

Pengobatan kanker anak membutuhkan waktu yang lama sekitar dua tahun dan harus berkali-kali serta rutin kontrol ke rumah sakit. Sementara, tidak semua penderita kanker berdomisili dekat dengan rumah sakit.

Uluran tangan Anda pun masih sangat dibutuhkan untuk anak-anak penderita kanker tidak hanya materi saja, namun bentuk perhatian dan kasih sayang bisa Anda berikan.

Bila Anda ingin melihat dan membantu anak-anak kanker tersebut langsung saja mendatangi Graha YOAI di jalan Kemuning nomor 15 RT 01 RW 05, Jati Pulo, Palmerah, Tomang Jakarta Barat. Atau telpon dan fax di nomor 021.6506969.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading