Sukses

Lifestyle

Logat Medok Mempengaruhi Kesempatan Mendapat Pekerjaan?

Diskriminasi suku dan ras sudah bukan jamannya lagi. Tetapi, beberapa orang pemilik logat kental asal daerahnya atau dikenal dengan sebutan medok merasa logatnya menghalanginya dari pekerjaan. Sebenarnya banyak pekerjaan yang tidak mempermasalahkan logat yang Anda miliki, tetapi dalam beberapa pekerjaan, terutama di bidang komunikasi seperti customer service atau resepsionis logat medok bisa menjadi penghalang.

Jika Anda memiliki gaya bicara yang medok, jangan khawatir, Ada beberapa tips agar Anda lancar saat seleksi penerimaan atau wawancara pekerjaan baru Anda, seperti dilansir Sheknows.com.

    Berlatih

    Logat bukanlah sebuah masalah jika tidak mengurangi pemahaman orang lain. Tetapi, logat tertentu membuat orang lain cukup sulit dalam memahami kata-kata Anda. Karena itu, cobalah berbicara dengan perlahan dan jelas. Coba berkumpl dengan orang-orang yang tidak memiliki logat kental dan berbicaralah dengan mereka. Tidak perlu menghilangkan logat medok Anda, cukup buat gaya bicara Anda mudah dimengerti.

    Fokus pada kualifikasi

    Jangan mengkhawatirkan logat medok Anda akan menghalangi Anda mendapat pekerjaan. Fokuslah pada kualifikasi yang diharapkan pada pekerjaan yang Anda ingini. Pastikan diri Anda sudah memenuhi harapan perusahaan yang Anda tuju. Jika Anda sudah memenuhi kualifikasi, tak ada alasan bagi perusahaan untuk menolak karena gaya bicara yang Anda miliki.

    Bisa menjadi kelebihan

    Logat yang Anda miliki dapat menjadi nilai plus bagi diri Anda di mata para penyeleksi. Logat seringkali memperlihatkan semangat dan antusias seseorang pada pekerjaan tersebut. Yang perlu Anda lakukan adalah mengontrolnya agar tidak berlebihan dan memastikan kata-kata Anda dimengerti.

Yang terpenting adalah apa yang anda katakan, bukan cara Anda mengatakannya. Semoga berhasil, Ladies!

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading