Sukses

Lifestyle

3 Bahaya Kesehatan Jika Makan Siang di Meja Kerja

Bos sejak tadi pagi sudah heboh meminta laporan bulanan dan harus disetor sebelum jam 2 siang. Akhirnya Anda panik karena harus menyelesaikan laporan tersebut secepatnya. Akhirnya Anda memilih makan siang di depan komputer. Sambil makan siang sambil kerja lebih efisien. Sambil mendamaikan perut yang lapar, pekerjaan tetap bisa diselesaikan sambil makan.

Anda boleh saja berpikir makan siang sambil mengerjakan tugas kantor adalah ide cerdas dan bisa menghemat waktu. Namun ternyata, makan siang di meja kantor dan sambil bekerja justru bisa menjadi bumerang bagi kesehatan.

Inilah 3 alasan mengapa Anda sebaiknya makan siang di meja makan atau meja pantry.

    Mengunyah Terlalu Cepat

    Saat Anda makan, tubuh memerlukan waktu untuk paham bahwa pencernaan harus siap mengolah makan siang Anda. "Hei aku sedang mempersiapkan mekanisme proses makanan, buat tubuhmu santai!" demikian teriak organ pencernaan Anda. Saat Anda bekerja sambil makan, tubuh akan kebingungan. Akibatnya, Anda akan mengunyah lebih sedikit dan makanan tidak halus ketika menelannya. Maka jangan heran jika beberapa menit ke depan perut Anda terasa mulas dan kembung.

    Mengotori Meja Kerja

    Meja makan dan meja kerja adalah tempat yang punya fungsi sendiri-sendiri. Meja makan lebih sering dibersihkan dibanding meja kerja. Maka bisa dikatakan meja makan lebih bersih saat Anda makan. Ketika Anda makan di meja kerja, tidak menutup kemungkinan Anda akan menjatuhkan makanan di atas keyboard atau meninggalkan sisa minyak di peralatan kantor. Akibatnya meja kerja Anda makin kotor dan banyak dipenuhi bakteri.

    Makan Berlebih

    Ketika tubuh Anda bingung dengan mekanisme makan, sebab Anda lebih fokus bekerja daripada makan, maka Anda cenderung makan dengan cepat. Akibatnya, perut sudah penuh namun otak belum mengirimkan sinyal kenyang. Saat Anda merasa lebih lapar, Anda cenderung makan lebih banyak, padahal perut Anda sudah kenyang, hanya saja otak butuh waktu sekitar 7 menit untuk memastikan Anda kenyang. Maka penting untuk makan siang perlahan agar Anda tidak makan berlebih.

Maka sempatkan makan di meja makan atau meja pantry, setidaknya 10 menit saja. Dengan menyempatkan waktu makan di tempat yang seharusnya, tubuh lebih siap untuk mencerna makanan, Anda makan lebih tenang, dan bisa mengerjakan tugas kantor lebih baik.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading