Sukses

Lifestyle

Zhafira: Kreativitas Dan Hobi Fashion Bisa Menjadi Usaha Yang Menguntungkan

Muda dan kreatif adalah langkah awal Anda untuk memulai usaha yang menguntungkan lho. Saat ini banyak orang yang membuka bisnis sebagai pekerjaan samping mereka, tapi tidak menutup kemungkinan untuk mahasiswa yang masih duduk di bangku kuliah mempunyai sebuah usaha juga.

Salah satunya adalah Zhavira Ayu, ia adalah mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya jurusan Internasional Bisnis Managemen atau IBM. Zha yang merupakan panggilan akrabnya, memulai usaha bersama ketiga temannya dengan bermodal awal hanya lima juta rupiah.

"Jurusan kuliah aku memang diharuskan untuk membuat suatu usaha, di sini kita belajar dan terjun langsung untuk semuanya,” kata Zhavira di Ciputra World Surabaya Sabtu 27 September 2014 lalu.

Copyright by Vemale.com
Ia pun memulai usaha bersama temannya ini sejak semester tiga, dan ia sudah beberapa kali mengikuti pameran yang ada di Surabaya dan Jakarta bahkan rencananya ia akan mengikuti pameran di Malaysia.

"Tiga bulan pertama buka usaha ini sudah mengikuti 10 kali pameran di Surabaya, bahkan bulan April yang lalu di Jakarta, nanti mau ke Malaysia juga,” terangnya.

Copyright by Vemale.com

Zha mengaku bahwa hasil usahanya ini selama setahun bisa menambah bayar uang kuliahnya, dengan bagi hasil bersama ketiga temannya. Ia pun merasakan kerja kerasnya tidak sia-sia dan akan tetap melanjutkan usahanya. Tak hanya tas, gelang dan dompet biasa, dengan menggunakan bahan kulit, kayu, bambu dan rotan, ia juga fokus pada bahan kain tenun dan songket.

"Bahan materialnya dari kulit Jogja, kain-kain dari Flores tergantung asalnya, kalau kayu dari Bengkulu dan bambu dari Palangkaraya, semuanya homemade,” ucap Zha.
Harga produknya ini pun bervariasi dan sesuai dengan bahan material yang digunakan, mulai dari Rp. 85.000,00 hingga Rp. 700.000,00.

Copyright by Vemale.com

"Lebih mengeksplor untuk mencoba, jangan takut gagal dan selalu berusaha,” tutup Zhavira dengan memberikan tips buat Vemale yang berkeinginan untuk membuka usaha.

Bagaimana Ladies? Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis seperti Zhavira? Jangan gampang menyerah ya.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading