Sukses

Lifestyle

Resep Perawan Kenes, Sajian Favorit Raja Keraton Jogjakarta

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Anda yang pecinta makanan manis sekaligus suka dengan sajian tradisional yang istimewa, maka jangan lewatkan citarasa nusantara yang satu ini, Perawan Kenes. Dari namanya saja sudah membuat penasaran bukan? Karena Perawan kenes yang berarti "gadis genit" ini merupakan salah satu kudapan favorit Sri Sultan Hamengku Buwono IX dari Keraton Jogja, lho.

Meski memang terbatas saja penyajiannya, namun bukan berarti Anda tidak bisa menikmatinya. Yuk buat sendiri di rumah. Ini resepnya.

Bahan-bahan:

  • 10 buah pisang raja
  • 100 ml santan kental
  • 4 lembar daun pandan
  • 40 gr gula merah
  • tusuk sate panjang dari bambu
  • garam secukupnya

Cara membuat:

Panaskan santan dengan dicampur gula dan sejumput garam dengan api kecil sambil diaduk agar santan tidak pecah dan hingga mengental. Potong atau ikat 2 lembar daun pandan dan masukkan ke dalam santan. Aduk hingga harum.

Kupas pisang dan belah memanjang di tengah, namun tidak sampai terputus. Siapkan kukusan, lapisi dengan daun pisang, masukkan daun pandan dan kukus pisang selama 15 menit.

Ambil satu per satu pisang, bukan belahan dan masukkan santan kental untuk isian. Tutup pisang, jepit dengan tusuk bambu, (agar tidak jatuh, bisa juga diikat dengan daun pisang di tengahnya)

Bakar sebentar, bubuhkan lagi santan pada pisang. Bakar lagi hingga hingga agak terpanggang.

Siap dinikmati hangat dengan teh atau kopi. Nah, mau merasakan makanan khas Yogyakarta kesukaan Sri Sultan Hamengku Buwono IX? Coba Perawan Kenes yang satu ini ya.



(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading