Sukses

Lifestyle

Bahaya Sering Lembur Bagi Kesehatan

Di jaman modern ini, wanita yang bekerja bukanlah hal tabu atau aneh lagi. Malah sebagian besar wanita lebih suka bekerja dibanding harus diam di rumah. Kemajuan jaman serta emansipasi wanita membuat wanita lebih nyaman dan lebih percaya diri jika mereka dapat menunjukkan kemampuannya termasuk dalam hal karir.

Sebagai wanita yang bekerja, Anda tentu mengenal, atau bahkan akrab dengan istilah lembur. Jam kerja sekian jam hanyalah teori jika pekerjaan Anda belum mampu Anda selesaikan dalam waktu tersebut. Over time, atau lembur merupakan satu-satunya pilihan agar pekerjaan Anda dapat terselesaikan. Beberapa dari Anda juga pasti menghubungkan email kantor dengan gadget pribadi Anda bukan? Hal ini juga akan membuat pikiran Anda tetap bekerja, meskipun Anda sudah berada di luar kantor dan di luar jam kerja.

Anda mungkin akrab dengan lembur, namun tahukah Anda bahwa lembur ternyata berbahaya untuk kesehatan? Seperti yang dilansir oleh Cosmopolitan.co.uk, kebiasaan lembur dapat meningkatkan risiko terserang stroke 3 kali lipat dibanding orang normal. Wow! Dalam penelitian yang dilakukan oleh The Lancet Medical Journal, para peneliti menemukan bahwa orang yang bekerja 3 jam lebih lama dari seharusnya, memiliki risiko 33% lebih besar untuk terserang stroke. Mengerikan, bukan?

Menurut para peneliti, yang membuat lembur buruk bagi kesehatan bukan hanya karena Anda berlama-lama duduk di depan komputer. Namun mereka berpendapat bahwa orang yang sering lembur cenderung tidak memiliki waktu untuk olahraga teratur, makan sehat dan teratur, atau istirahat yang cukup. Dan kombinasi ketiganya amat buruk bagi kesehatan Anda.

Lalu, apa yang harus kita lakukan ya, Ladies? Mungkin Anda bisa menyiasatinya dengan memanfaatkan jam kerja dengan baik, sehingga Anda tidak perlu waktu ekstra untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Bisa juga dengan mengganti jadwal olahraga menjadi pagi hari. Jangan lupa diimbangi dengan makan sehat dan teratur, serta istirahat yang cukup. Batasi diri Anda dengan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan saat Anda sudah berada di luar kantor. Keep healthy, Ladies!

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading