Sukses

Lifestyle

6 Alasan Mengapa Traveling Sendiri Itu Bikin Ketagihan

Pengalaman pertama kamu melakukan traveling sendirian mungkin adalah hal yang paling membuat deg-deg an. Untuk pertama kalinya, kamu benar-benar hanya bisa mengandalkan diri sendiri untuk semua urusan. Ada kalanya kamu khawatir kehilangan barang bawaan saat akan ke toilet, atau takut tersesat, atau ditipu orang.

Tapi ternyata traveling sendirian itu menyenangkan. Bahkan bisa jadi bikin ketagihan. Bagaimana mungkin? Ini sekian alasannya.

    Kamu belajar memimpin

    Kamu lah satu-satunya pelaku dalam "film" ini. Kamu yang jadi produser, sutradara, mengatur skenario, merancang dan merencanakan ini itu. Kamu juga yang harus bertanggung jawab dan menerima risiko atas semua keputusan yang kamu lakukan saat menjalani perjalanan sendiri ini.

    Kamu berani keluar dari zona nyaman

    Banyak orang tak mau liburan sendiri karena takut akan terjadi hal-hal buruk. Namun ketika kamu memutuskan untuk pergi sendirian, kamu akan keluar dari zona nyaman yang selama ini karena setiap pengalaman pasti akan mendebarkan dan membuat kamu akan lebih aware dengan lingkungan sekitar saat sendirian daripada saat kamu bersama teman.

    Kamu belajar sesuatu tentang diri sendiri

    Mungkin kamu adalah orang paling pemalu di antara teman-teman yang kamu kenal. Namun ketika kamu keluar ke tempat yang tak kamu kenal, kamu bebas dari semua penilaian orang dan kamu akan belajar mengembangkan diri sendiri dan mengenal diri sendiri lebih baik.

    Kamu akan belajar hidup di masa sekarang

    Banyak orang melakukan traveling solo karena ingin melupakan kekecewaan atau kenangan masa lalu yang menyakitkan. Traveling sendiri memang sangat membantu me-refresh pikiran dengan melihat pemandangan atau menikmati waktu yang menyenangkan. Dan ketika sakit hatimu sudah hilang, kamu lebih optimis dan termotivasi, dan kamu akan lebih siap menjalani kehidupan sekarang.

    Kamu belajar berhati-hati dan dewasa mengambil keputusan

    Karena hanya dirimu sendiri yang bisa diandalkan, kamu akan belajar lebih dewasa mengambil keputusan, lebih berhati-hati dan berpikir jangka panjang atau ke depan. Ini akan jadi pengalaman berharga untuk menghadapi kehidupan sebenarnya.

    Kamu menyadari apa yang penting dalam kehidupan

    Saat bekerja sudah menguras waktumu untuk berkutat dengan berbagai urusan, liburan sendirian akan membuat menyadari apa yang berharga di dunia ini. Menikmati waktu sendiri, makan makanan yang belum pernah kamu coba, berkenalan dan berbagi cerita dengan orang baru dan berbagai hal lainnya.

Ketika kamu pulang, kamu akan melihat dunia lebih luas dari sebelumnya. Secara sederhana, bisa dikatakan bahwa traveling sendiri itu adalah cara untuk menantang diri kamu sendiri sekaligus jadi cara terbaik belajar menahlukkan tantangan. Kamu akan memahami makna sebenarnya bertanggung jawab sepenuhnya atas diri sendiri. Dari traveling pun kamu mengerti arti kebebasan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading