Sukses

Lifestyle

Nervous Saat Berbicara di Depan Umum? Tips Ini Akan Membantumu

Bekerja menuntut kita untuk mampu berinteraksi dengan rekan kerja, atasan, bahkan klien. Dalam menjalin interaksi ini, seringkali kita dituntut untuk memberikan ide-ide segar yang berguna untuk perkembangan perusahaan dan secara langsung akan membuat kita berbicara di depan umum.

Sayang sekali, saat dituntut untuk berbicara di depan umum kita seringkali merasa nervous dan alhasil, apa yang sudah kita persiapkan dengan matang di dalam kepala menguap begitu saja. Dan, presentasi pun menjadi berantakan. Duh, nggak banget kan?

Nah, agar hal memalukan ini tidak sampai kita alami, yuk intip tips agar kita bisa tampil berbicara lebih PD di depan umum ini.

    Tenang dan Pelan

    Seperti dilansir dari laman allwomenstalk.com, saat nervous, kita cenderung berbicara lebih cepat dan tidak beraturan sehingga apa yang kita sampaikan akan terdengar seperti ocehan tidak jelas. So, pelankan speed bicara Anda dan berusahalah untuk tampil setenang mungkin sehingga apa yang Anda sampaikan dapat didengar dan dimengerti dengan baik.

    Atur Pernafasan

    Nervous, selain membuat speed bicara kita menjadi tidak beraturan, juga akan membuat kita cenderung berbicara terus menerus tanpa jeda. Hal ini akan memberikan kesan ketidaksiapan Anda di hadapan lawan bicara Anda dan tentu, tanpa kita sadari membuat kita semakin nervous. So, agar nervous berkurang, cobalah untuk mengatur pernafasan Anda. Ambil dan buang nafas secara teratur bisa membuat Anda lebih rileks untuk berbicara di depan umum.

    Berdiri Tegap

    Postur tubuh yang bagus akan menunjukkan kepercayaan diri saat Anda harus berbicara di depan umum. Berdiri tegap adalah salah satu postur tubuh yang sangat disarankan saat Anda harus memberikan presentasi di depan umum. Selain menujukkan rasa percaya diri yang kuat, postur berdiri tegap juga akan membuat Anda tampak lebih rileks.

    Latihan Berulang

    Jika Anda ingin tampil lebih percaya diri dan tidak nervous saat harus berbicara di depan umum, latihlah bicara Anda berulang-ulang di depan cermin. Latihan ini akan membuat Anda lebih percaya diri saat harus menghadapi situasi sebenarnya.

Nah, itulah tips agar Anda bisa mengurangi nervous dan tampil lebih PD saat berbicara di depan umum. Selain mencoba mempraktikkan tips ini, yang tidak boleh Anda lupakan agar tidak perlu nervous saat dituntut berbicara di depan umum adalah jadilah diri sendiri. Sebab, dengan menjadi diri sendiri Anda akan merasa lebih nyaman tanpa harus nervous dengan apa yang mungkin akan dipikirkan orang lain tentang Anda.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading