Sukses

Lifestyle

7 Tips dan Trik Menyimpan Bahan Makanan Di Kulkas Agar Awet Tahan Lama

Bahan-bahan makanan yang biasanya disimpan di dapur seperti sayuran, buah dan bumbu-bumbu masakan adalah bahan alami yang segar dan bisa busuk jika tidak disimpan dengan benar.

Meski kamu bisa menyelamatkannya dengan menyimpan di kulkas, namun kulkas bukan jadi satu-satunya tempat yang bisa menyelamatkan bahan makanan tetap awet. Berikut ini adalah beberapa tips mudah untuk menyimpan bahan makanan di kulkas agar lebih tahan lama.

    Jangan simpan kentang bersama bawang

    Baik kentang maupun bawang tidak perlu dimasukkan kulkas, tapi jangan menyimpannya dalam satu wadah. Kandungan belerang dalam bawang bisa mempengaruhi kentang dan membuatnya cepat busuk. Jadi jangan menyimpan kentang dengan bawang berdekatan.

    Bungkus daun-daunan dengan plastik

    Sayur-sayuran berdaun akan lebih awet jika diikat seperti buket bunga dan dibungkus dengan plastik sebelum dimasukkan ke kulkas. Cara ini mampu mencegah sayuran layu dan menguning dengan cepat.

    Daun bawang dalam botol plastik

    Jangan buang botol bekas air mineral, kamu bisa memanfaatkannya sebagai tempat menyimpan daun bawang agar tetap segar.

    Simpan kentang bersama apel

    Ada kandungan dalam buah apel yang mampu mencegah atau menghindarkan kentang tumbuh tunas. Kentang yang terlalu lama disimpan biasanya akan tumbuh tunas, nah simpan dengan sebuah apel agar tidak tumbuh tunas.

    Buang segera apel yang busuk

    Apel busuk atau buah-buah lain yang busuk lebih baik segera dibuang, jika tidak, bisa menulari buah lain menjadi busuk.

    Oles mentega pada keju sebelum dimasukkan kulkas

    Keju akan jadi kering dan keras jika dimasukkan kulkas tanpa dibungkus apa-apa. Untuk menghindari ini, oles mentega ke permukaan keju, lalu taruh di dalam sebuah wadah atau plastik, dan kamu tetap memiliki keju yang empuk setiap kamu ingin menggunakannya.

    Menggantung pisang

    Jangan menyimpan pisang dengan cara ditaruh di meja makan. Ini mempercepat pembusukan. Gantung pisang di sebuah gantungan agar permukaan pisang tidak tertekan dan kulit tidak cepat menghitam dan membusuk.

Nah, itu dia beberapa tips dan trik menyimpan bahan makanan agar tahan lama di kulkas. Agar lebih efektif, jangan lupa untuk selalu membersihkan kulkas ya dari sisa sayur atau makanan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading