Sukses

Lifestyle

Kegagalan Bukanlah Sebuah Akhir, Ini Cara Anggun Untuk Bangkit

Kita mungkin selalu berdoa agar perjalanan karir kita selalu mulus tanpa halangan. Tidak salah sih, tapi sebenarnya kadang kita justru membutuhkan batu sandungan yang akan menjadi tantangan bagi kita untuk dapat mengembangkan ilmu dan pengalaman.

Tak hanya batu sandungan, kita bahkan, kadang, membutuhkan kegagalan untuk menjadi cambuk agar kita tak mudah puas dengan apa yang sudah kita capai. However, tak sedikit orang yang kadang justru terpuruk dalam kegagalan yang mereka alami dan mengalami kesulitan untuk bangkit dari kegagalan tersebut. Padahal, jika kita mampu bangkit dari kegagalan yang kita alami, manisnya kesuksesan yang akan kita tuai setelahnya akan semakin terasa.

So, bagaimana cara agar kita mampu bangkit dari kegagalan dan bersinar kembali? Dilansir dari laman allwomenstalk.com, berikut ini tips yang bisa Anda lakukan to get over with your failure!Yuk, simak.

  • Jangan Keras Kepala. Setelah Anda diklaim salah atau gagal sebaiknya jangan bersikap keras kepala dengan tidak mau mengakui kesalahan maupun kegagalan yang Anda alami. Hal ini mungkin akan menyakiti harga diri Anda, dan Anda mungkin akan merasa berat hati untuk menyerah pada hal yang Anda yakin Anda bisa melakukannya, tapi jika hasil sudah membuktikan kegagalan Anda, tak ada gunanya untuk tetap persisten dan memaksakan asumsi Anda. Berbesar hatilah menerima kegagalan yang Anda alami, dan mintalah bantuan dari rekan maupun atasan Anda yang lebih berpengalaman dengan hal tersebut.
  • Mundur. Ketika bertemu dengan kegagalan saat menjalankan satu proyek tertentu, tentu Anda perlu mencoba lagi sampai membuahkan hasil positif. Namun, Anda juga perlu mengetahui kapasitas Anda sebagai seorang profesional. Mundur jika memang Anda merasa tidak sanggup untuk menyelesaikan proyek tersebut karena tidak sesuai dengan bidang Anda, tak ada salahnya kok. Tidak perlu bersikeras untuk sesuatu yang Anda sudah mengetahui bagaimana hasil akhirnya. Jika Anda melakukan hal ini, Anda akan memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan proyek selanjutnya yang mungkin akan lebih sesuai dengan bidang Anda.
  • Refleksi. Mengakui kegagalan memang terasa getir, tapi hal tersebut perlu Anda lakukan agar Anda bisa kembali bersinar. Lakukanlah refleksi atas kegagalan yang sudah Anda alami dan tuliskan semua refleksi itu dalam sebuah buku jurnal. Anda juga bisa menganalisa sebab-sebab yang membuat Anda gagal serta bagaimana cara mengatasinya jika hal tersebut terulang kembali di masa mendatang. Dengan demikian, Anda akan lebih matang dan siap untuk menghadapi tantangan yang akan datang berikutnya.
  • Mintalah Dukungan. Ketika mengalami kegagalan, pasti akan terasa sulit jika Anda mengalaminya sendirian, maka dari itu, mintalah dukungan dari orang-orang terdekat Anda dan jangan berlama-lama larut dalam kesedihan, segera lah kembalikan kepercayaan diri dan semangat Anda.

Nah, itulah beberapa tips untuk kembali bangkit dari kegagalan. yang perlu Anda ingat ketika mengalami kegagalan adalah bahwa kegagalan bukanlah merupakan sebuah akhir bagi karir Anda, melainkan awal dari sesuatu yang lebih baik. So, semoga bermanfaat and chin up, Ladies!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading