Sukses

Lifestyle

Raup Untung Besar dari 3 Kerjaan Sambilan Ini

Kamu butuh penghasilan tambahan? Atau ingin coba sesuatu yang baru di luar kesibukanmu sebagai karyawan? Coba ambil kerjaan sambilan.

Kerjaan sambilan atau paruh waktu sebenarnya ada banyak sekali jenisnya. Tinggal pintar-pintar saja kamu memilih yang sesuai dengan kemampuan dan mengatur waktu bekerjanya. Dari sekian banyak peluang mendapatkan penghasilan tambahan, tiga jenis pekerjaan ini termasuk yang mudah dilakukan oleh siapa saja apapun latar belakangnya dan bisa datangkan untung besar.

Jadi Tentor atau Guru Les
Kamu pastinya punya satu mata pelajaran yang paling kamu kuasai kan? Coba manfaatkan kemampuanmu atau keahlianmu itu untuk jadi guru les atau tentor. Kamu bisa coba gabung di tempat-tempat les ternama untuk mendaftar jadi tentor. Jadwalnya pun bisa kamu sesuaikan sendiri. Misalnya, kalau kamu kerja kantoran dari pagi hingga sore, kamu bisa memanfaatkan waktu petang hingga malam jadi tentor.

Atau bisa juga jadi guru les privat. Datang langsung ke rumah si anak yang membutuhkan jasa lesmu. Atur sendiri jadwalnya. Biasanya kamu akan mendapat penghasilan sesuai dengan jumlah jam kamu memberi les atau sesuai kesepakatan dengan pihak orang tua.

Jadi Penulis atau Penerjemah Lepas
Nggak harus lulusan sastra atau bahasa untuk bisa jadi penulis atau penerjemah. Asal kamu punya niat, minat, dan komitmen kuat di bidang penulisan dan penerjemahan, kamu bisa kok dapat penghasilan tambahan sebagai penulis atau penerjemah lepas.

Kalau masih bingung mencari lowongan kerjaan, coba gabung dulu ke agen penulisan atau penerjemahan. Biasanya kamu diminta mengirimkan CV atau portofolio untuk bisa diterima sebagai penulis atau penerjemah lepas di agen tersebut. Setelah itu kamu tinggal tunggu pihak agen memberimu pembagian kerja. Yang penting kamu punya karya dan portofolio terlebih dahulu. Nanti kalau kamu sudah punya cukup banyak karya, kamu bisa lebih mudah mencari klien sendiri.

Oh ya, manfaatkan media sosial dan juga buat blog atau situs pribadimu sendiri. Tujuannya agar kamu bisa lebih mudah "menjual diri" dan mencari klien secara online.

Jualan Barang Online
Ingin pekerjaan yang bisa dilakukan lebih fleksibel tanpa mengganggu jadwal kerja kantoranmu? Coba jualan barang online. Kamu bisa jual apapun di internet sekarang. Tinggal bagaimana kamu pintar-pintar memasarkan dan mempromosikan produk atau barang jualanmu.

Kalau kamu nggak punya banyak modal, kamu bisa coba jadi reseller atau ikut agen toko yang lebih besar. Meski penghasilanmu nggak seberapa tapi kamu bisa sekalian latihan jualan dan menguasai pasar di dunia maya.

“I want to do something for a living that when it comes time to retire and I can stop doing it, I’ll want to continue doing it in my free time.”
― Jarod Kintz, This Book is Not FOR SALE

Kerjaan sambilan atau pekerjaan paruh waktu sering jadi alternatif untuk mendapat penghasilan tambahan. Siapa tahu justru kerjaan sambilan yang kamu lakukan saat ini jadi peluang bisnis menjanjikan buatmu suatu hari nanti.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading