Sukses

Lifestyle

Mau Cepat Bergaji Besar Habis Lulus Kuliah? Ini Triknya

Sudah lulus kuliah. Gelar sarjana sudah di tangan. Nggak mungkin dong kamu hanya diam dan jadi pengangguran? Sayang banget semua kemampuan dan potensi yang kamu punya kalau tak disalurkan.

Hanya saja zaman sekarang memang agak susah untuk cari pekerjaan. Persaingan makin ketat. Belum lagi dengan angka pengangguran yang terus meningkat. Kalau kita tak melakukan persiapan matang dari awal, wah bisa-bisa kita akan jadi pengangguran selamanya.

Biar bisa cepat dapat kerja habis lulus kuliah atau bahkan sebelum wisuda, coba deh ikut trik-trik berikut ini. Kamu bisa memulainya dari sekarang juga biar nggak makin ketinggalan nantinya. Let's check this out!

Buat Profil Profesional di Dunia Maya
Zaman serba canggih dan segala sesuatu bisa dicari di internet, jadi kamu juga harus bisa memanfaatkannya. Manfaatkan media sosialmu untuk membuat profil yang profesional. Atau bisa juga mulai bikin akun LinkedIn untuk membangun profil baru yang  bisa meyakinkan para pencari kerja kalau kamu adalah kandidat pegawai terbaik yang mereka cari.

Saat ini para pencari pegawai atau perusahaan juga sering mengecek profilmu di internet. Jadi kalau kamu sudah punya profil profesoional dan portofolio yang meyakinkan di dunia maya, kamu punya peluang besar untuk bisa cepat dapat kerja atau diterima kerja.

Coba Dulu Berbagai Peluang Kerja yang Ada
Misal nih, kamu sudah menyelesaikan kuliahmu dan sedang menunggu wisuda. Daripada cuma menganggur atau berdiam diri di rumah, coba deh lakukan berbagai pekerjaan yang ada di depan mata. Coba dulu semua peluang yang ada. Meskipun gajinya masih sedikit, tapi setidaknya kamu sudah mengantongi pengalaman yang akan sangat berguna nanti kalau kamu melamar di perusahaan yang lebih besar.

Jangan Menseragamkan Semua CV dan Surat Lamaran
Sebaiknya jangan menseragamkan semua CV dan surat lamaranmu. Sesuaikan dengan kebutuhan dan profil perusahaan yang akan kamu lamar. Kenapa? Karena tiap posisi pekerjaan berbeda dan tiap perusahaan juga punya cara berbeda menyeleksi tiap calon karyawannya.

Asah Berbagai Macam Soft Skills yang Kamu Punya
Apa itu soft skill? Soft skill ini merupakan kemampuan, keterampilan, keahlian, atau bakat yang kamu punya. Biasanya tiap orang punya soft skill yang berbeda satu sama lain. Di dunia kerja, ada banyak soft skills yang harus bisa kamu kuasai, misalnya kemampuan presentasi, negosiasi, hingga adaptasi.

Punya IPK tinggi memang perlu. Punya banyak prestasi juga penting. Tapi jangan sampai mengabaikan pentingnya soft skills. Kalau kamu ingin terlihat paling menonjol dibandingkan para kandidat calon pegawai lainnya, kamu harus bisa menunjukkan keistimewaan dan kelebihanmu yang lain.

Jangan Gaptek!
Nah, ini juga penting. Zaman sekarang jangan sampai kamu gagap iptek (gaptek). Perkembangan teknologi dan tren terbaru harus selalu kamu ikuti. Perusahaan besar pun saling berlomba dan berkompetisi jadi yang terdepan dengan terus mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Jadi kamu juga perlu punya kemampuan untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi dan internet yang ada.

Ladies, pada dasarnya semua butuh proses. Kalau kamu ingin berpenghasilan besar usai lulus kuliah maka kamu harus memperbesar dan melipatgandakan usahamu. Jangan sampai kamu hanya berleha-leha karena persaingan dunia kerja zaman sekarang sangatlah ketat.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading