Sukses

Lifestyle

5 Aturan Keselamatan Harus Kamu Patuhi Saat Traveling Sendirian

Traveling sepertinya jadi cara menyenangkan menikmati hidup, melepas stres dan menikmati indahnya dunia dan alam yang diciptakan Tuhan. Jika kamu termasuk salah satu wanita yang suka traveling ke mana pun, pastikan kamu mencoba bepergian sendirian.

Traveling solo atau traveling ke mana pun sendirian tanpa teman bukan berarti kamu tak punya teman untuk diajak berlibur. Bagi kamu yang sudah terbiasa traveling solo mungkin sudah paham hal-hal berikut ini, tapi jika kamu pemula dan ingin sekali mencoba traveling sendirian, ini beberapa aturan yang bisa kamu terapkan sebelum berangkat.

    Lengkapi Kartu Identitas

    Ketika kamu pergi ke mana saja di luar area rumahmu, wajib hukumnya membawa kartu identitas seperti KTP, SIM, passport dan lain sebagainya. Tak menutup kemungkinan kamu mengalami hal-hal tak terduga dan pastikan kamu mengopi kartu identitas untuk mencegah kehilangan.

    Waspada terhadap sekitar

    Selalu waspada terhadap apa saja yang terjadi di sekitarmu. Jangan ceroboh menaruh barang atau menarik perhatian dengan memakai barang-barang mewah. Tips keselamatan paling ampuh adalah mempercayai instingmu, jika menghadapi situasi yang terlihat mencurigakan, tinggalkan.

    Simpan uang di berbagai tempat

    Jangan hanya menaruh uang di dompet, taruh uang di berbagai tempat berbeda di tas dan pakaianmu. Berjaga-jaga jika kecopetan atau hilang di tengah jalan.

    Jangan main handphone atau mendengar musik saat jalan

    Bersikap seolah kamu memang orang lokal sehingga orang jahat tidak menjadikanmu target. Tapi jangan teledor dan main handphone di jalan, atau menutup telinga dengan headset, bisa jadi kamu lengah dan tak tahu bahwa kamu kehilangan benda-benda berharga.

    Beri tahu keluarga kamu pergi ke mana

    Selalu pamit ke keluarga agar mereka tahu kamu pergi ke mana. Jika perlu beri fotokopi itinerary perjalananmu. Sekalipun kamu adalah wanita dewasa, memberitahu orang terdekat adalah hal wajib, jika saja terjadi apa-apa padamu.

Banyak orang ragu traveling sendirian ke berbagai tempat karena mengkhawatirkan banyak hal, terutama keselamatan, tapi jika kamu bisa memenuhi aturan dasar ini, dijamin kamu aman dan selamat sampai pulang ke rumah sekaligus bisa menikmati travelingmu dengan maksimal.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading