Sukses

Lifestyle

Setiap Baru Gajian, Langsung Bagi Uangmu Jadi Dua ''Porsi''

Cara dan teknik mengatur keuangan itu ada banyak caranya. Biasanya disesuaikan dengan kebutuhan atau prioritas yang kita punya. Khususnya buat yang selalu mendapat gaji tiap bulan, maka mengatur uangnya harus dilakukan sesegera mungkin di hari gajian tersebut.

Buat kamu yang nggak suka ribet dan lebih memilih cara yang simpel, teknik mengatur keuangan yang satu ini pas banget buatmu. Teknik ini cocok buat kamu yang ingin tetap bisa mengatur keuangan tanpa harus terlalu membatasi diri. Sehingga kamu tak merasa tertekan apalagi terbebani.

Foto: copyright brightside.me

Jadi, setiap kali baru gajian atau mendapat penghasilan, segera bagi uangmu jadi dua "porsi". Porsi pertama adalah untuk pengeluaran tetap. Pengeluaran ini meliputi hal-hal-hal seperti kebutuhan makan, bayar listrik, beli pulsa, bayar air, dan sebagainya. Pokoknya pengeluaran yang selalu ada tiap bulannya. Dengan kata lain, porsi pertama ini khusus untuk berbagai kebutuhan primermu.

Foto: copyright brightside.me

Porsi kedua adalah untuk hal-hal yang bersifat hiburan. Misalnya untuk keperluan makan di luar, jalan-jalan, nonton film, beli buku, dan sebagainya. Uang yang kamu sisihkan untuk porsi kedua ini juga mencakup cadangan dana. Cadangan dana yang bisa digunakan sewaktu-waktu kamu membutuhkan. Sebagai contoh, cadangan dana kalau-kalau kamu harus memperbaiki sepeda motor atau membeli baju untuk kondangan.

Tips ini memang cara pengaturan keuangan yang paling dasar. Kamu bisa menyesuaikannya lagi dengan kebutuhan dan situasimu. Tinggal bagaimana caramu saja untuk mengatur anggaran untuk dua porsi tersebut.

Nggak terlalu sulit kan untuk mengatur keuangan? Semoga tips sederhana ini bisa bermanfaat buatmu, Ladies.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading