Sukses

Lifestyle

Menyeimbangkan Pekerjaan Utama dan Sampingan, Ini Tipsnya

Karena berbagai hal dan faktor, terkadang kita masih membutuhkan pekerjaan sampingan meski sudah punya pekerjaan utama. Dari pagi hingga sore kerja di kantor. Malam hingga larut bekerja di rumah. Akhir pekan pun masih diisi dengan bekerja untuk memenuhi deadline atau tenggat waktu yang ada. Bikin pusing memang.

Tapi selalu ada cara untuk menyeimbangkan pekerjaan utama dan sampingan itu. Mulai dari membagi prioritas dan memetakan jadwal. Juga yang tak kalah penting adalah soal jaga kesehatan. Berikut tips-tips sederhana yang bisa kita lakukan untuk menyeimbangkan pekerjaan utama dan sampingan dengan lebih baik.

    Buat Jadwal Harian

    Bagaimana pun tanggung jawab pekerjaan utama yang harus didahulukan. Jangan sampai karena repot dengan pekerjaan sampingan, kita jadi mengabaikan kerjaan utama kita. Buat jadwal harian soal kapan pekerjaan utama beres lalu kita bisa mulai mengerjakan pekerjaan sampingan. Sebisa mungkin jangan sampai jadwalnya bentrok.

    Ketahui Batas Kemampuan Diri

    Kesehatan tetap harus dijaga bagaimana pun caranya. Kalau pekerjaan sampingan terlalu banyak menghabiskan waktu dan menguras energi sampai nggak sempat istirahat, sebaiknya jangan diterima pekerjaan sampingan tersebut. Tubuh kita bukanlah mesin yang bisa dipaksa bekerja terus. Mesin pun bakal rusak kalau divorsir bekerja tanpa jeda, apalagi tubuh manusia?

    Jaga Pola Makan

    Tak apa minum kopi. Apalagi ketika harus mengejar deadline yang mepet dan harus lembur semalaman, maka kopi bakal jadi penyelamat kita. Tapi jangan sampai kecanduan atau ketergantungan dengan kopi. Minum kopi sesuai kebutuhan saja. Imbangi dengan konsumsi makanan yang sehat dan banyak serat. Buah dan sayur jangan sampai lupa.

    Tetap Buat Jadwal untuk Istirahat

    Istirahat juga penting. Jangan sampai karena nggak punya waktu istirahat, kita jadi stres dan tertekan sampai mudah jatuh sakit. Kalau akhir pekan ini masih harus lembur, setidaknya akhir pekan berikutnya jadwalkan untuk bisa beristirahat penuh. Otak dan pikiran juga butuh jeda istirahat agar bisa kembali berfungsi optimal.

    Kerjakan Satu Hal dalam Satu Waktu

    Sebaiknya jangan mengerjakan banyak hal sekaligus dalam satu waktu. Kerjakan dan selesaikan satu hal dalam satu waktu. Misalnya, kalau di kantor ya fokus mengerjakan pekerjaan di kantor. Jangan sampai dibuat sibuk lagi dengan urusan pekerjaan sampingan.

Punya pekerjaan utama dan sampingan memang sah-sah saja. Tapi kita memang perlu tetap memperhatikan pembagian waktu kerja dan menjaga keseimbangan hidup kita.

Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat buatmu, ya Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading