Sukses

Lifestyle

Pulang Kerja On-Time Itu Penting, Nggak Perlu Takut Digosipin

Memiliki pekerjaan yang kita cintai jelas jadi kebahagiaan tersendiri. Bekerja jadi terasa lebih nyaman. Waktu bahkan bisa terasa sangat cepat berlalu.

Hanya saja tak bisa dipungkiri bahwa stres dan burn outbisa kita alami kalau bekerja terlalu keras. Atau mengerjakan pekerjaan di luar batas kemampuan kita. Kebanyakan lembur pun kurang baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran.

 

  • Burnout

    Istilah psikologi yang digunakan untuk menggambarkan perasaan kegagalan dan kelesuan akibat tuntutan yang terlalu membebankan tenaga dan kemampuan seseorang. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Freudenberger pada tahun 1974. (Wikipedia)

Untuk itu penting sekali menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan waktu kerja, antara istirahat dan fokus menyelesaikan tugas-tugas. Salah satu caranya adalah dengan berusaha pulang kerja on time atau tepat waktu. Eh, tapi nanti kalau digosipin gimana? Tenang saja, nggak perlu takut.

Bekerja Lebih Efektif dan Produktif

Saat bekerja, berapa banyak waktu yang kita buang untuk melamun, malas-malasan, hingga ngobrol yang nggak penting? Jika ini dilakukan, maka bekerja jadi makin tak produktif. Waktu banyak yang terbuang percuma. Dengan memastikan dan berusaha untuk bisa pulang kerja tepat waktu, misalnya pukul 17.00 teng!kita akan terdorong dan semangat menyelesaikan pekerjaan dengan sebaik-baiknya. "Demi bisa pulang tepat waktu, pekerjaan ini harus diselesaikan segera."

“Doing something that is productive is a great way to alleviate emotional stress. Get your mind doing something that is productive.”

– Ziggy Marley

Nggak Gampang Stres, Punya Lebih Banyak Waktu untuk Refresh

Dengan pulang selalu on time, kita jadi punya waktu lebih banyak untuk istirahat. Setidaknya jadi nggak gampang stres karena ada kesempatan untuk refresh. Saat bisa pulang sore tepat waktu, kita bisa memanfaatkan waktu beberapa menit untuk sekadar olahraga dan jalan-jalan santai. Atau menikmati waktu bersantai di kafe dekat kantor. Memastikan pikiran bisa kembali jernih di sore hari akan jadi cara terbaik untuk bekerja lebih maksimal keesokan paginya.

“It’s a good idea always to do something relaxing prior to making an important decision in your life.”

– Paulo Coelho

Bisa Punya Waktu Lebih Banyak untuk Keluarga

Kesibukan bekerja jangan sampai membuat kita lupa keluarga. Kalau kerja setiap hari lembur sampai malam, kapan kita bisa punya waktu untuk keluarga tercinta? Dengan mengusahakan pulang tepat waktu, kita akan punya sedikit waktu lebih bersama anak-anak dan suami tercinta.

Menciptakan Budaya Kerja yang Sehat

Memang sih salah satu dilema saat kita ingin pulang kerja tepat waktu adalah jadi bahan gosip teman-teman kantor lainnya. Mereka seakan menganggap kita nggak serius bekerja. Padahal dengan bisa pulang kerja tepat waktu, budaya kerja yang sehat bisa tercipta.

Atasan bisa lebih memahami soal pentingnya waktu dan pemberian beban kerja yang tak berlebihan. Kalau kinerja kita tetap bagus, maka yang jadi soal bukan lagi pulang tepat atau telat. Tapi soal membangun budaya kerja yang produktif dan seimbang. Tingkat stres pun bisa menurun dengan sendirinya.

Kalau menurutmu sendiri bagaimana, Ladies? Seberapa penting sih pulang kerja tepat waktu itu dan apa saja sekiranya manfaat yang bisa kamu dapatkan?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading