Sukses

Lifestyle

6 Trik Menata Ruang Tamu Yang Sempit

Setiap orang ingin memiliki rumah yang besar dan luas. Selain lebih lega dan nyaman, lahan yang besar dan luas sangat mudah didekorasi agar rumah lebih indah. Tetapi, bagaimana jika rumah tempat tinggal kita saat ini lahannya terbatas?

Bukan jadi masalah kok, Mom, karena banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengakali terbatasnya lahan. Apalagi untuk urusan mendekorasi ruang tamu yang biasanya memang tidak terlalu luas. Ini 7 trik yang bisa Mom praktekkan.

1. Gunakan meja kecil

Foto: copyright instagram.com/immyandindi

Coffee table paling cocok digunakan untuk ruangan yang kecil karena tidak menghalangi jalan dan mudah dipindahkan.

2. Sofa dengan ruang penyimpanan

Foto: copyright apartementtherapy.com

Pilih furniture yang bisa digunakan dwi fungsi, misalnya sofa yang memiliki ruang penyimpanan. Bagian dudukannya bisa digeser dan berongga untuk menyimpan majalah-majalah atau benda-benda lainnya. Saat ini sudah banyak kok model sofa seperti ini atau Mom bisa memesannya sendiri sesuai model yang diinginkan.

3. Gantung gorden di tempat yang tinggi

Foto: copyright homebnc.com

Menggantung gorden lebih tinggi dari jendela membuat udara mengalir lebih baik ke dalam ruangan, sekaligus memberikan ilusi ruang tamu yang lebih luas dengan langit-langit yang lebih tinggi.

4. Go bold!

Foto: copyright houseofturquoise.com

Padu-padankan ornamen-ornamen pada ruang tamu dengan warna-warna terang dan cerah. Bermain motif juga boleh untuk memberikan aksen agar ruangan tidak terlihat membosankan. Tapi jangan menggabungkan lebih dari 2 motif ya agar ruang tamu tidak terkesan ramai dan sempit.

5. Pasang lampu gantung

Foto: copyright brabbu.com

Ketimbang memasang lampu berdiri atau lampu duduk di meja, pilih lampu gantung untuk menghemat ruangan tanpa mengurangi fungsinya.

6. Pilih perabotan yang 'tidak menyentuh tanah'

Foto: copyright lifehack.org

Pada ruangan yang sempit, segala kemungkinan memberikan ruang yang lega menjadi sangat penting. Salah satunya adalah dengan memilih perabotan yang bagian kaki-kakinya tidak penuh menapak pada lantai. Begitu pula pemilihan ukuran perabotan yang tepat sangat penting dipertimbangkan agar tidak terlalu padat dan menempel ke tembok. Dengan cara ini, ruangan menjadi lebih terlihat lapang.

Nah, mudah bukan cara mengakali ruang tamu sempit agar terlihat lebih besar. Ruangan yang sempit bukan alasan membuat rumah menjadi tidak nyaman. Selamat mendekorasi, Mom!

(vem/wnd)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan DKI Jakarta menutup 7 sekolah PTM 100 Persen
Artikel Selanjutnya
Tata Cara Menggunakan Vibrator yang Benar

Live Streaming

Powered by