Sukses

Lifestyle

Listrik Makin Mahal, Berikut Cara Hemat Energi

Ladies, tahukah kamu jika kebutuhan terbesar manusia saat ini adalah listrik. Hampir semua kegiatan kita tidak jauh dari listrik. Maka tidak mengherankan jika, listrik sangat dibutuhkan dan membuat kamu tergantung dengan keberadaannya. Energi listrik tidak dapat diperbarui dengan mudah, maka tugas kita untuk menjaganya agar tidak habis.

Nah, menghemat listrik tidak hanya membantu untuk hemat energi tapi juga mengurangi pengeluaran. Well, berikut ini adalah cara untuk hemat energi.

 

Cabut Stop Kontak Setelah Dipakai

Terkesan sepele tapi kebiasaan ini dapat menekan pengeluaran untuk membayar tagihan listrik. Jika sedang mengisi daya gadget dan sudah penuh usahakan untuk mencabut stop kontaknya. Sebab gadget masih terus menyerap listrik jika stop kontak tidak dicabut.

Pilih Lampu Hemat Energi

Ingin hemat listrik? Sebaiknya pilih lampu LED, mungkin harganya lebih mahal namun dapat membantu untuk menekan biaya listrik. Meskipun terkesan sepele, mengganti bola lampu dengan lampu hemat energi sangat membantu menekan biaya listrik.

Jangan Lupa Matikan Listrik

Biasakan untuk meninggalkan ruangan dengan mematikan listrik. Jika alat elektronik tidak lagi digunakan maka segera matikan. Pastikan saat meninggalkan rumah semua alat elektronik dalam keadaan mati.

Menggunakan AC Tutup Pintu

Saat AC dinyalakan, tutup pintu ruangan. Ruangan yang terlalu terbuka akan menyebabkan AC bekerja keras untuk mendinginkan ruangan, dengan demikian AC akan mengonsumsi lebih banyak listrik.

Mencuci Sendiri

Tidak perlu menggunakan mesin cuci saat mencuci 1-2 potong baju. Tahukah kamu jika energi listrik yang dibutuhkan mesin cuci saat mencuci 3 potong dan 10 potong baju adalah sama. Jadi sebaiknya gunakan mesin cuci secara bijak.

Ladies, demikian 5 cara untuk menghemat listrik dengan cara bijak. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading