Sukses

Lifestyle

Menjelang Ramadan, Ini Persiapan Umum Dilakukan Umat Muslim

Dalam hitungan hari ke depan, umat muslim di seluruh dunia telah sampai di bulan penuh rahmat, bulan terbaik dari seribu bulan yakni bulan Ramadan. Bagi umat muslim, bulan Ramadan adalah bulan yang spesial dengan aktivitas harian yang tentunya sangat berbeda jika dibandingkan dengan bulan-bulan biasa.  

Di bulan Ramadan, umat muslim akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Dan sebelum sampai pada bulan ini, sebagian besar umat muslim akan mempersiapkan segala kebutuhan Ramadan sejak jauh-jauh hari. Menjelang Ramadan, apa saja kira-kira persiapan yang umum dilakukan umat muslim? Simak baik-baik yang berikut ini.

    Menyiapkan Perlengkapan Ibadah

    Umumnya, umat muslim akan mempersiapkan perlengkapan ibadah yang terbaik mereka. Tidak sedikit orang akan mencuci alat shalat seperti mukena, sarung dan sejenisnya agar terlihat lebih bersih dan semakin nyaman untuk dipakai. Beberapa orang bahkan berbondong-bondong membeli perlengkapan ibadah yang baru.

    Melakukan Ziarah

    Ziarah ke makam leluhur sebenarnya bisa dilakukan kapan saja. Tapi, menjelang Ramadan hampir semua umat muslim akan berziarah ke makam leluhur dan kerabat mereka. Tradisi ziarah ini akan semakin ramai dilakukan selama satu minggu sebelum Ramadan tiba.

    Tradisi Selamatan (Megengan)

    Bagi orang Jawa, tradisi selamatan atau megengan telah menjadi tradisi yang tak boleh ketinggalan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan. Menurut Prof. Dr. Nur Syam, M.Si dari UIN Surabaya di laman nursyam.uinsby, tradisi megengan memiliki makna menahan. Menahan di sini adalah menahan hawa nafsu untuk segala hal yang buruk selama bulan Ramadan atau puasa. Selain sebagai tradisi menyambut bulan penuh kemuliaan, megengan ini juga dilakukan untuk berbagi dengan sesama dan bersedekah sembari meminta keselamatan dari Sang Pemilik Hidup baik untuk keluarga yang masih hidup atau pun yang sudah meninggal dunia.

    Menyiapkan Menu Ramadan

    Tidak bisa dipungkiri, menu selama bulan Ramadan sangat perlu disiapkan sejak jauh-jauh hari agar tetap memberi nutrisi terbaik pada tubuh. Selain menyiapkan menu Ramadan, kebutuhan untuk Hari Raya juga umum disiapkan umat muslim sejak jauh hari-hari.

    Bersih-Bersih Rumah

    Sebelum bulan Ramadan benar-benar datang, sebagai besar umat muslim akan membersihkan dan menata kembali rumahnya. Membersihkan ini bisa sekedar merapikan perabotan rumah, mengecat ulang tembok rumah atau melakukan renovasi. Selain agar saat hari raya rumah terlihat makin mengesankan, bersih-bersih rumah ini juga bermanfaat untuk membuat suasana rumah semakin nyaman selama bulan Ramadan.


Itulah beberapa persiapan umum yang dilakukan umat muslim menjelang bulan Ramadan. Kalau kamu yang beragama muslim juga, apa nih persiapan yang kamu lakukan menjelang Ramadan? Share di kolom komentar ya. Selamat menyambut bulan Ramadan yang penuh kemuliaan dengan hati yang tulus, ikhlas dan kembali fitrah.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading