Sukses

Lifestyle

Alternatif Mudah Berbagai Bumbu Dapur Haram & Beralkohol

Bagi orang muslim tentunya wajib menghindari beberapa makanan yang haram. Nah, konsumen muslim cenderung untuk menghindari beberapa restoran untuk bersantap. Mereka beralasan restoran-restoran tersebut menggunakan bahan atau bumbu yang haram. Mayoritas juga mengeluhkan tidak bisa memasak beberapa masakan karena mengandung bahan yang beralkohol atau haram. Nah, berikut ini Vemale akan coba hadirkan beberapa alternatif yang bisa kamu pakai agar tetap bisa memasak makanan yang lezat tersebut.

Ang ciu

Ang ciu adalah arak masak atau arak Cina yang merupakan hasil dari fermentasi beras merah. Sering digunakan pada restoran China untuk memasak seafood dan ayam. Alternatif untuk bahan ini adalah kecap asin yang dicampur dengan perasan air jeruk limau dan jahe.


Mirin dan sake

Nah dua bahan ini adalah untuk makanan Jepang yang terbuat dari beras yang telah melalui proses fermentasi, bedanya sake berwarna putih bening sedangkan mirin berwarna kuning. Keduanya dapat diganti dengan jus anggur yang dicampur dengan air jeruk lemon.


Brandy

Brandy adalah minuman beralkohol yang haram. Oleh karena itu kamu bisa menggantinya dengan jus atau selai cherry, apel dan anggur.


Wine

Wine berasal dari fermentasi anggur, anggur merah menghasilkan red wine sedangkan anggur hijau menghasilkan white wine. Wine merupakan minuman beralkohol. Nah untuk membuat makanan dengan bahan ini kamu disarankan untuk menggantinya dengan jus buah seperti anggur, apel, cranberry dan tomat atau bisa juga dengan kaldu ayam.

Nah Ladies, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantumu dalam menyajikan berbagai makanan lezat tanpa harus menggunakan bahan yang diharamkan. Selamat mencoba.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading