Sukses

Lifestyle

5 Makanan yang Seharusnya Jangan Pernah Ditaruh di Kulkas

Sudah jadi kebiasaan setiap orang kalau setiap beli bahan makanan atau makanan yang tak habis dimakan, pasti akan langsung dimasukkan ke kulkas. Bukan hanya jadi tempat penyimpanan yang praktis tapi fungsi utamanya adalah bisa membuat makanan awet tahan lama.

Tapi ternyata tidak semua makanan bisa disimpan di kulkas. Beberapa makanan justru akan lebih baik tidak disimpan di kulkas karena beberapa alasan, seperti dijelaskan dalam Health.com berikut ini.

1. Kentang
Ketika di kulkas, pati pada kentang akan pecah sehingga menghasilkan tekstur berpasir dan rasa tanah yang kuat saat dimasak. Kentang mentah juga akan lebih mudah berjamur, tumbuh tunas atau membusuk jika didinginkan. Cukup taruh kentang di wadah kering, teduh dan sejuk di suhu ruangan.

Bawang cepat busuk disimpan di kulkas/copyright Pexels.com

2. Bawang
Baik bawang merah, putih maupun bombay akan lebih baik jika ditaruh di suhu ruangan dan di wadah terbuka. Karena udara dingin akan membuat bawang cepat busuk, berjamur dan bertunas. Kalaupun ada sisa bawang yang sudah dipakai, bungkus dengan plastik, simpan di kulkas, tapi segera gunakan esok harinya.

3. Tomat
Mungkin banyak orang tak percaya bahwa ternyata tomat akan mudah busuk jika dikulkas. Tidak masalah jika menyimpannya tidak lebih dari satu minggu lamanya. Lebih baik simpan tomat di wadah kering dan terkena angin agar tidak mudah busuk. Jika sudah terlalu matang, segera dikonsumsi atau manfaatkan.

Tidak perlu disimpan di kulkas/copyright Pexels.com

4. Roti
Roti akan lebih mudah berjamur jika dikulkas. Bukan hanya itu, tekstur serta rasanya juga akan berubah terpengaruh oleh udara di dalam kulkas. Roti jadi tidak fresh lagi, bahkan jika kamu menyimpannya dalam plastik tertutup. Pada dasarnya roti memang tidak dimaksudkan untuk disimpan dalam jangka waktu lama, jadi pastikan membeli secukupnya agar tidak perlu menyimpannya lama di rumah.

5. Madu
Madu akan baik-baik saja disimpan di ruangan tanpa perlu khawatir akan membusuk, tidak perlu disimpan di kulkas. Madu justru akan mengkristal jika terlalu lama disimpan di kulkas. Selama botol madu ditutup rapat, madu akan baik-baik saja disimpan di meja dapur.

Itu dia sekian makanan yang seharusnya tidak disimpan di dalam kulkas. Yuk lebih mengenali setiap bahan makanan dan bagaimana cara menyimpannya ladies.

(vem/feb)
What's On Fimela
Loading