Sukses

Lifestyle

Roasted, Grilled, Toasted, Broiling, Baking: Sepintas Sama, Apa Bedanya?

Roasted, grilled, baked, toast, broiled ... Nggak asing dengan istilah-istilah ini? Untuk kamu yang hobi memasak, pasti sering mendapati istilah di atas untuk beberapa jenis resep luar negeri.

Jika diartikan secara harafiah, semua istilah di atas merujuk pada "memanggang". Tidak salah, tetapi memanggang yang seperti apa? Di dunia kuliner, kelima istilah di atas ternyata punya perbedaan lho. Seperti apa perbedaannya?

Roasted

Roasted adalah sistem memanggang, biasanya daging dan sayuran, yang menggunakan udara yang dipanaskan dari dalam oven. Biasanya sistem roasted menggunakan panas 49 derajat Celcius hingga 260 derajat Celcius. Daging dan sayuran dibungkus aluminium foil atau diletakkan di atas piring khusus tahan panas untuk 'menangkap' sari makanan yang keluar akibat proses pemanggangan.

Baking

Baking dilakukan dengan oven tertutup dan makanan dibiarkan terbuka. Suhu panas datang dari segala arah sehingga mematangkan makanan secara sempurna. Temperatur saat baking umumnya rendah sehingga makanan dipanaskan secara perlahan dan merata.

Broiling

Teknik broiling menggunakan panas tinggi dan langsung mengarah ke makanan. Api berasal dari atas makanan. Jika menggunakan teknik ini, kita harus sering membalikkan makanan agar tidak gosong di satu sisi saja.

Grilled

Memanggang di atas arang secara langsung, jadi makanan bersentuhan dengan api dan arang. Sate ataupun barbecue biasanya menggunakan teknik ini.

Toasted

Cara memanggang cepat dengan temperatur rendah. Tujuannya untuk mendapatkan warna kecoklatan pada permukaan makanan atau melelehkan keju atau cokelat.

Nah, sekarang sudah nggak bingung lagi 'kan jika di resep menemukan kata "grilled chicken" dan "roasted chicken"?

(vem/wnd)
What's On Fimela
Loading